Pengembangan media maket pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi perkembanganbiakan hewan kelas VI di mis miftahul ulum sumbersuko lumajang

Fauziah, Anisah (2024) Pengembangan media maket pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi perkembanganbiakan hewan kelas VI di mis miftahul ulum sumbersuko lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ANISAH FAUZIAH- FIKSSS ALHAMDULILLAH-1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Anisah Fauziah, 2023: Pengembangan Media Maket Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perkembangbiakan Hewan Kelas VI Di MIS Miftahul Ulum Sumbersuko Lumajang
Kata Kunci : Media Maket, Ilmu Pengetahuan Alam
Proses pembelajaran yang tidak menggunakan media menyebabkan terjadinya pembelajaran yang kurang aktif tidak maksimal, terutama pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yang hakikatnya peserta didik menemukan sendiri suatu konsep dari materi. Sehingga tanpa adanya media pembelajaran peserta didik cenderung tidak aktif, cepat bosan dan kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Sehingga solusi yang ditawarkan tak lain yaitu mengembangkan media maket yang mana sebagai salah satu alternatif menambah semangat dan minat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Rumusan masalah penelitian ini ialah : 1)Bagaimana desain pengembangan Media Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perkembangbiakan Hewan Kelas VI MIS Miftahul Ulum.2) Bagaimana kelayakan pengembangan Media Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perkembangbiakan Hewan Kelas VI MIS Miftahul Ulum. 3) Bagaimana respon peserta didik terhadap kemenarikan Pengembangan Media Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perkembangbiakan Hewan Kelas VI MIS Miftahul Ulum.
Tujuan penelitian ini ialah : 1) Mengidentifikasikan desain pengembangan Media Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan AlamMateri Perkembangbiakan Hewan Kelas VI MIS Miftahul Ulum. 2) Mengetahui kelayakan pengembangan Media Maket Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Mater Perkembangbiakan Hewan Kelas VI MIS Miftahul Ulum. 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap kemenarikan Pengembangan Media Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perkembangbiakan Hewan Kelas VI MIS Miftahul Ulum.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Develompment (RnD) denan jenis pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan, diantaranya : Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluations. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini ialah : 1) Media media memiliki bentuk 3D seperti kotak hantaran dengan ukuran 23 cm x 23cm, tinggi 15 cm dan desain kebun binatang dengan mengelompokkan mainan hewan sesuai dengan cara perkembangbiakan hewan secara generatif. 2) Hasil validasi yang diperoleh dari dua ahli validator mendapatkan skor 95% yang artinya maket sangat layak untuk diimplementasikan. 3) Hasil respon peserta didik mendapatkan skor 93% yang bearti media maket dapat meningkatkan semangat dan minat peserta didik, serta mempermudah peserta didik dalam memahami materi perkembangbiakan hewan secara generatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anisah Fauziah
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:43
Last Modified: 25 Mar 2024 03:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32222

Actions (login required)

View Item View Item