Pengembangan Media Permainan Jumanji Board Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Ekosistem Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At Taqwa Kabupaten Bondowoso

Maghfirotul Firmaning, Lestari (2024) Pengembangan Media Permainan Jumanji Board Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Ekosistem Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At Taqwa Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REVISI SKRIPSI MAGHFIROTUL FIRMANING LESTARI - Copy-1.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Permainan Jumanji Board, Hasil Belajar Peserta Didik
Media pembelajaran memiliki peran yang cukup signifikan di dalam
pembelajaran, sebab peran dari media pembelajaran adalah untuk dapat
memudahkan guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didiknya.
Dari hal tersebut, tentu perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang
disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan juga karakteristik peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian d itemukan kendala yaitu antusiasme dan motivasi
belajar masih kurang serta pemahaman terhadap materi masih kurang. Dengan
adanya media permainan jumanji board makadapat mengatasi kendala yang telah
disebutkan.
Berdasarkan problem tersebut, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : (1)
Untuk mendeskripsikan Desain Produk Media Permainan Jumanji Board Berbasis
Pendekatan Saintifik Pada Materi Ekosistem Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Peserta Didik Kelas V MI At Taqwa Kabupaten Bondowoso, (2) Untuk menguji
kelayakan Pengembangan Media Permainan Jumanji Board Berbasis Pendekatan
Saintifik Pada Materi Ekosistem Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik Kelas V MI At Taqwa Kabupaten Bondowoso, (3) Mendeskripsikan
Keefektifan Pengembangan Media di Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol
Sebelum dan Sesudah Menggunakan Media Permainan Jumanji Board Berbasis
Pendekatan Saintifik Pada Materi Ekosistem Peserta Didik Kelas V MI At Taqwa
Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dan
pengembangan ini ialah (1) produk yang dihasilkan dari pengembangan media ini
adalah media permainan jumanji board materi ekosistem yang digunakan pada
kelas V MI At – Taqwa Bondowoso (2) Hasil kelayakan media permainan jumanji
board yaitu uji validasi ahli materi mendapatkan 92,5%, validasi ahli media
81,6%, validasi ahli bahasa 84,2. Hasil angket kemenarikan peserta didik kelas
kontrol 59% yang berarti cukup layak sedangkan di kelas eksperimen mendapat
70% yang berarti masuk kategori layak. (3) Hasil dari analisis hasil belajar peserta
didik adalah pada hasil post test kelas eksperimen memperoleh rata-rata 64,5
sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 42,3. Kemudian adapun hasil uji-T
dengan signifikansi yang ditetapkan adalah 0,05 dan uji hipotesis two tailed
memperoleh hipotesis thitung -1796 sedangkan ttabel adalah 1,679 dan adapun hasil
sig.(2-tailed) yaitu 0,078 yang artinya adalah nilai signifikan lebih besar dari 0,05
maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maghfirotu Firmaning Lestari
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:06
Last Modified: 25 Mar 2024 06:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32223

Actions (login required)

View Item View Item