Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman Sukorambi Jember

Fikri, Muhammad Wildan (2024) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Wildan Fikri_T20171052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penurunan akhlak peserta didik saat ini menjadi permasalahan yang
Tengah dihadapi dunia pendidikan, tidak sedikit generasi muda yang telah terjangkit virus globalisasi dan arus informasi yang mempengarui gaya dan pola hidupnya. Akibatnya adalah banyak generasi mudah melakukan perbuatan yang menyimpang dari norma-norma susila dan norma-norma agama, di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman Sukorambi diketahui masih banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah mengenai akhlak peserta didik, akhlak peserta didik disana masih sangat kurang untuk ukuran peserta didik yang merupakan siswa madrasah. Untuk menangani masalah tersebut dibutuhkan upaya dari seorang guru untuk membenahinya.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MTs Fathur Rahman Sukorambi Jember? dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakuk karimah peserta didik di MTs Fathur Rahman Sukorambi Jember?
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MTs Fathur Rahman Sukorambi Jember dan faktor pendukung dan penghambat guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakuk karimah peserta didik di MTs Fathur Rahman Sukorambi Jember.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu, upaya yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman Sukorambi Jember, di antaranya : 1) Melakukan keteladanan atau contoh yang baik kepada peserta didik dengan cara memakai seragam di hari dan jadwal yang sesuai, tidak terlambat masuk ke dalam kelas, tetap menggunakan Bahasa Indonesia yang baik, 2) Melakukan pembiasaan dengan cara rutin melaksanakan sholat dhuha, salam dan jabat tangan, 3) Pemberian nasihat bagi yang melanggar peraturan sekolah, pemberian nasihat juga dilakukan pada saat jam pelajaran dengan mengaitkan mata pelajaran yang relevan, 4) Pengontrolan juga dilakukan tidak hanya di madrasah tetapi juga bekerja sama dengan orang tua di rumah, 5) pemberian sanksi, di antaranya sistem poin, pemberian skors, hukuman berdiri di depan kelas dan yang paling berat adalah dikeluarkan oleh pihak madrasah. Faktor pendukung upaya guru ini dipengaruhi oleh beberapa faktor: 1) faktor keluarga, 2) lingkungan sekolah, 3) guru di sekolah, 4) mata pelajaran. Selain faktor-faktor pendukung juga ada beberapa faktor penghambat dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di antaranya 1) berkembangnya teknologi dan sosial media, 2) faktor lingkungan rumah yang buruk dan kurang diajarkan tentang akhlak, 3) kesadaran peserta didik sendiri akan pentingnya akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Wildan Fikri
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:20
Last Modified: 26 Mar 2024 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32224

Actions (login required)

View Item View Item