Penerapan Metode Reading Aloud Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar Negeri 5 Seneporejo Siliragung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024

Ardian, Rio (2024) Penerapan Metode Reading Aloud Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar Negeri 5 Seneporejo Siliragung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIO ARDIAN_T20191309 b5.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu capaian dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri 5 Seneporejo, ditemukan bahwa sejumlah siswa menghadapi kesulitan dalam membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya kemandirian dalam membaca, rendahnya tingkat konsentrasi, antusiasme yang menurun dan masih ada yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur'an dengan lancar. Metode yang dapat diterapkan yaitu membaca dengan suara nyaring “reading aloud” dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa. Mengacu pada latar belakang tersebut, maka fokus penelitian yaitu: (1) Bagaimana penerapan metode reading aloud dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SD Negeri 5 Seneporejo? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode reading aloud dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SD Negeri 5 Seneporejo? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan metode reading aloud dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SD Negeri 5 Seneporejo. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode reading aloud dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SD Negeri 5 Seneporejo. Adapun metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta subyeknya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi: (1) pengumpulan data (2) reduksi data, (3) penyajian data dan (4) penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan Triangulasi teknik dan Triangulasi sumber. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Penerapannya terbagi menjadi tiga tahapan yakni: Perencanaan berupa guru mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa modul ajar, buku lks atau paket dan juz amma tajwid. Pelaksanaan guru mencontohkan bacaan surah al-fatihah dengan membacanya secara nyaring, siswa membaca dengan lancar, sesuai dengan hukum tajwid, fasih dan membaca dengan penuh percaya diri. Evaluasi berupa penilaian keterampilan dan isian singkat (2) Sedangkan faktor pendukung dan penghambatnya dipengaruhi oleh faktor pendidik, peserta didik, lingkungan pembelajaran, lingkungan keluarga serta media pembelajaran.

Kata Kunci: Metode Reading Aloud, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rio Ardian
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:10
Last Modified: 26 Mar 2024 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32231

Actions (login required)

View Item View Item