Manajemen Program Prodistik Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember

Wulandari, Sifa Siti (2024) Manajemen Program Prodistik Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SIFA SITI WULANDARI-202101030081-SKRIPSI NEW.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sifa Siti Wulandari,2023:Manajemen Program Prodistik Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Aliyah Negeri 02 Jember.

Kata Kunci: Manajemen Program Prodistik,Bidang Teknologi Informasi, dan Komunikasi

Program ini diterapkan di lembaga pendidikan madrasah pertama kali pada tahun 2017 yang diikuti oleh siswa kurang lebih 300 siswa yang mengikuti program ini. Program prodistik terapan bidang teknologi informasi dan komunikasi ini berjalan hingga 3 tahun dengan sistem satuan kredit semester (sks), siswa mempelajari teori dan praktik sesuai mata program yang sudah di tetapkan. Setelah mengikuti program ini selama 3 tahun dan mengikuti prosedur - prosedur sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP)
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah :1) Bagaimana perencanaan manajamen program prodistik terapan bidang teknologi informasi dan komunikasi di Madrasah Aliyah Negeri 02 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen program prodistik terapan bidang teknologi informasi dan komunikasi di Madrasah Aliyah Negeri 02 Jember? 3) Bagaimana evaluasi manajemen program prodistik terapan bidang teknologi informasi dan komunikasi di Madrasah Aliyah Negeri 02 Jember?
Tujuan Penelitian ini: 1) Untuk mengetahui perencanaan manajemen program terapan bidang teknologi informasi dan komunikasi di Madrasah Aliyah Negeri 02 Jember. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen program prodistik terapan bidang teknologi informasi dan komunikasi di Madrasah Aliyah Negeri 02 Jember. 3) Untuk mengetahui evaluasi manajemen program terapan bidang teknologi informasi dan komunikasi di Madrasah Aliyah Negeri 02 Jember.
Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Perencanaan program prodistik ini meliputi tujuan yang secara garis besar berasal dari opini pihak madrasah untuk menciptakan citra madrasah agar lebih maju lagi 2) Pelaksanaan program prodistik difokuskan pada jadwal sebelum program ini berlangsung, guru pembimbing yang memiliki kriteria sesuai bidang yang sudah ditetapkan, dan materi yang sudah disediakan. 3) program prodistik ini dilaksanakan dengan dua jadwal yang berbeda. Sehingga nantinya akna menimbulkan feedback dari masyarakat dengan bertambahnya siswa yang ingin ikut program prodistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080304 Concurrent Programming
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080305 Multimedia Programming
Depositing User: Ms Perpustakaan sifasitiwulandari
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:02
Last Modified: 28 Mar 2024 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32239

Actions (login required)

View Item View Item