Astri Auliya, Khumaida (2024) ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP EMPAT PILAR KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ. Undergraduate thesis, UIN KHAS Achmad Siddiq Jember.
Text
ASTRI AULIYA KHUMAIDA _204101010010.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pemahaman Mahasiswa, Empat Pilar, Kiai Haji Achmad Siddiq
UIN KHAS Jember merupakan salah satu lembaga perguruan tinggi islam
negeri yang menerapkan karakter religius dalam pelaksanaan pendidikannya, yaitu empat pilar Kiai Haji Achmad Siddiq. Namun realitanya, masih ada beberapa mahasiswa yang baru mendengar atau bisa dikatakan belum memahami tentang
makna empat pilar KH. Achmad Siddiq.
Fokus penelitian ini adalah; 1) Bagaimana pemahaman mahasiswa UIN
KHAS Jember terhadap salat berjamaah?; 2)Bagaimana pemahaman mahasiswa
UIN KHAS Jember terhadap membaca Al-Qur’an?; 3)Bagaimana pemahaman
mahasiswa UIN KHAS Jember terhadap membaca sholawat; dan 4) Bagaimana
pemahaman mahasiswa UIN KHAS Jember terhadap perbuatan tidak zalim kepada siapapun?. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah: 1) Untuk mendeskripsikan
pemahaman mahasiswa UIN KHAS Jember terhadap salat berjamaah; 2) Untuk
mendeskripsikan pemahaman mahasiswa UIN KHAS Jember terhadap membaca
Al-Qur’an; 3) Untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa UIN KHAS Jember terhadap membaca sholawat; 4) Untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa
UIN KHAS Jember terhadap perbuatan tidak zalim kepada siapapun.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
pendekatan penelitian fenomenologi. Subjek penelitian menggunakan teknik
purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi: kondensasi data,
penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Selanjutnya, keabsahan data
mengguakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Pemahaman mahasiswa UIN KHAS
Jember terhadap salat berjamaah adalah paham secara teori dan pelaksanaan, tetapi
secara tekstual tidak mengetahui pilar tersebut; 2) Pemahaman mahasiswa UIN
KHAS Jember terhadap membaca Al-Qur’an adalah paham secara teori dan
pelaksanaannya, tetapi secara tekstual tidak mengetahui pilar tersebut; 3)
Pemahaman mahasiswa UIN KHAS Jember terhadap membaca sholawat adalah
paham secara secara teori dan pelaksanaan, tetapi secara tekstual tidak mengetahui
pilar tersebut; 4) Pemahaman mahasiswa UIN KHAS Jember terhadap perbuatan
tidak zalim adalah paham secara secara teori dan pelaksanaan, tetapi secara tekstual
tidak mengetahui pilar tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220404 Jewish Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Astri Auliya Khumaida |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 07:41 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 07:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32256 |
Actions (login required)
View Item |