Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Santri Pada Kitab Fiqih Dipondok Pesantren Darul Huda Ambulu Jember

Lutfiana, Annisa (2024) Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Santri Pada Kitab Fiqih Dipondok Pesantren Darul Huda Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANNISA LUTFIANA_T20191461.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Annisa Lutfiana, 2024: Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Santri Pada Kitab Fiqih Dipondok Pesantren Darul Huda Ambulu Jember.
Kata Kunci: Penerapan Metode Demonstrasi; Hasil Belajar peserta didik.

Fiqih salah satu pelajaran yang memberikan kontribusi berupa dorongan bagi pesertadidik untuk menerapkan dalam kegiatan sehari-hari. Rendahnya daya faham pada pesertadidik mengenai sistematis pembelajaran fiqih khususnya, maka dari itu melalui metode demonstrasi dapat memberikan gambaran secara langsung dapat diperhatikan saat guru mempraktekan dan memberikan penjelasan secara lisan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peserta didik yang kurang fokus dan kurang semangat dalam proses pembelajaran, yang disebabkan oleh guru yang cara mengajarnya masih terlihat monoton atau membosankan sehingga hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Mengingat dalam mempelajaran fiqih bukan hanya mengandalkan teori saja akan tetapi banyak hal yang harus dimodelkan oleh guru lalu diamati peserta didik supaya peserta didik dapat memahami dan semangat dalam pembelajaran seperti materi sholat berjama’ah. Oleh karena itu penerapan metode demonstrasi menjadi solusi yang tepat dalam menghadapi proses pembelajaran pada saat ini. Hal ini pula yang dilakukan oleh guru fiqih dalam menerapkan metode demonstrasi sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Metode pembelajaran aktif (active learning) banyak diminati dalam proses pembelajaran, karena memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran dan melakukan upaya mengaktifkan peserta didik di dalam kelas. Salah satu metode pembelajaran aktif yang sering digunakan adalah metode demonstrasi. Metode ini cocok untuk pembelajaran praktik yang salah satunya diterapkan pada pembelajaran Fiqih.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar santri pada kitab fiqih Dipondok Pesantren Darul Huda Ambulu Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar santri pada kitab fiqih Dipondok Pesantren Darul Huda Ambulu Jember?
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan kualitatif deskriptif jenis field reasearch. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab fiqih di Pondok Pesantren Darul Huda yaitu menggunakan metode Demonstrasi dengan teknik pembelajaran praktek secara langsung sesuai dengan materi yang dipelajari seperti contoh materi sholat berjama’ah. 2) Faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi dalam proses pembelajaran kitab fiqih di Pondok Pesantren Darul Huda yaitu dengan metode demonstrasi yang kemudian di internalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Adapun hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran yaitu hambatan yang berasal dari faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Lutfiana
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:16
Last Modified: 02 Apr 2024 06:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32260

Actions (login required)

View Item View Item