Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pendidikan di man 4 banyuwangi

Fajri, M. Robith (2023) Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pendidikan di man 4 banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiayi Haji Ahcmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Watermark M. ROBITH FAJRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mananejemen Sumber Daya Manusia, Kualitas Pendidikan
Manajemen sumber daya manusia yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas dalam peruhsaan menjadi tantangan yag serius dalam dunia pendidikan. Hal-hal yang mencakup dalam manajemen sumber daya manusia tentang pembinaan, penguunaan dan perlindungan sumber daya manusia yang baik. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengkaji aspek perencanaan, perekutan, seleksi, pelatihan dan penilahian kerja manajemen sumber daya manusia yang ada di MAN 4 Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Tahap penelitian dalam penelitian ini yaitu persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan.
Adapun hasil penelitian ini 1) Dalam proses perencanaan manajemen sumber daya manusia yaitu menyiapkan Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) dan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) untuk dijadikan acuan sekolah sehingga program manajemen sumber daya manusia dapat dilaksakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MAN 4 Banyuwangi. 2) Proses perekrutan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 4 Banyuwangi dengan menggunakan sistem perekrutan dengan menyetorkan surat permohonan PTK (Penelitian Tindak Kelas) guru baru ke Kementerian Agama Banyuwangi dengan tujuan untuk menetukan kualitas dan kuantitas calon tenaga pendidik serta kependidikan. Selain itu pihak sekolah juga membuka rekrutmen secara mandiri dibutuhkan secara mendesak sesuai dengan aturan-aturan PMA Tahun 2021. 3) Proses seleksi yang dilaksakan oleh lembaga, yaitu: Tes Wawancara, tes adminitrasi, tes pratik. Tes wawancara dilaksanakan oleh kepala sekolah dan waka kurikulum untuk mengetahui secara langsung bagimana karkter dari pelamar. Tes admintrasi yaitu selsksi berkas dan tes praktik terdiri dari tes tahfidz dan microteaching. 4) Pelatihan dan penilaian kerja yang di MAN 4 Banyuwangi, yaitu : Wrokshop (peningkatan kopetensi guru) dalam satu semester dua kali, seminar (pendidikan profesi guru) , dan MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran) yang bertujuan untuk kepentingan lembaga, keryawan, dan masyarakat. Pelatihan dan penilaian kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan juga akan mendapatkan reward atau hadiah bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan berprestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M. ROBITH FAJRI
Date Deposited: 04 Apr 2024 01:48
Last Modified: 04 Apr 2024 01:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32265

Actions (login required)

View Item View Item