Pembinaan Karakter Disiplin Siswi Melalui Program Ma'had Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi

Safitri, Delta Dwi Ayu (2024) Pembinaan Karakter Disiplin Siswi Melalui Program Ma'had Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DELTA DWI AYU SAFITRI_T20191218.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembinaan karakter didalam setiap lembaga pastinya akan berbeda-beda dan akan disesuaikan dengan keadaan yang ada, dalam hal ini pembinaan karakter disiplin siswi yakni melalui program yang ada di Ma’had. Karakter disiplin yang diteliti disini yakni disiplin waktu, disiplin dalam menegakkan dan menaati peraturan, disiplin dalam bersikap, dan disiplin dalam beribadah.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana pembinaan karakter disiplin siswi melalui program Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan karakter disiplin siswi melalui Program Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan pembinaan karakter disiplin siswi melalui program Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembinaan karakter disiplin siswi melalui program Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research Studi Kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pembinaan karakter disiplin siswi melalui program Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi yaitu (a) pembinaan karakter disiplin siswi melalui program tahfidz terdiri atas disiplin dalam beribadah, dan disiplin dalam menegakkan dan menaati peraturan.; (b) pembinaan karakter disiplin siswi melalui program qiroatul qutub terdiri atas disiplin dalam beribadah, disiplin waktu, dan disiplin menegakkan dan menaati peraturan.; (c) pembinaan karakter disiplin siswi melalui program takhassus terdiri atas disiplin dalam bersikap, dan disiplin waktu. 2) Faktor pendukung dalam pembinaan karakter disiplin melalui program Ma’had adalah Keterbukaan Pengurus pada siswi dan wali siswi, serta Kerjasama dalam pengawasan dari pengasuh dan pengurus. Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang Pendidikan siswi dan sesama teman.

Kata Kunci: Pembinaan Karakter Disiplin, Program Ma’had.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Delta Dwi Ayu Safitri
Date Deposited: 05 Apr 2024 06:42
Last Modified: 05 Apr 2024 06:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32274

Actions (login required)

View Item View Item