Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Pada Santri Di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Amin Dringu Probolinggo

Roziqi, Ahmad Khoirur (2024) Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Pada Santri Di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Amin Dringu Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD KHOIRUR ROZIQI_T20181367 LENGKAP.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Khoirur Roziqi, 2023: Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Santri Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Amin Dringu Probolinggo.

Kata kunci: Implementasi, Metode Pembelajaran, Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Implementasi adalah penerapan atau pelaksanaan suatu kegiatan yang disusun secara terencana dengan mekanisme tertentu dan memerlukan keterampilan, kepemimpinan dan motivasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam penerapannya, menggunakan metode pembelajaran Al-Qur’an, yaitu metode Qiroati yang diterapkan di TPQ Al-Amin, Dringu, Probolinggo.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode Qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an santri di taman pendidikan Al-Qur’an Al-Amin Dringu Probolinggo?. 2) Bagaimana pelaksanaan metode Qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an santri di taman pendidikan Al-Qur’an Al-Amin Dringu Probolinggo?. 3) Bagaimana evaluasi metode Qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an santri di taman pendidikan Al-Qur’an Al-Amin Dringu Probolinggo?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan metode Qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an pada santri di taman pendidikan Al-Qur’an Al-Amin Dringu Probolinggo. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode Qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an pada santri di taman pendidikan Al-Qur’an Al-Amin Dringu Probolinggo. 3) Untuk mengetahui evaluasi metode Qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an pada santri di taman pendidikan Al-Qur’an Al-Amin Dringu Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang besifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini melalui beberapa cara yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan metode Qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an santri yaitu mengenai hari efektif, jam masuk, jadwal materi tambahan (MT), misi setiap jilid, kegiatan pembelajaran, serta penilaian atau tes kenaikan jilid. 2) Pelaksanaan metode Qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an santri yaitu guru menerapkan metodologi pembelajaran metode Qiroati selama 1 jam dengan menerapkan untuk kelas jilid 15 menit membaca peraga awal bersama, 30 menit individu, 15 menit terakhir membaca peraga akhir bersama. Untuk kelas Al-Qur’an 15 menit tadarus, 30 menit baca simak, 15 menit terakhir tadarus. 3) Evaluasi metode Qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an santri yaitu dilakukan dengan tes kenaikan jilid. Yang harus diperhatikan adalah misi dan tujuan dari masing-masing jilid. Mulai dari kelancaran, pemahaman materi pokok, makhroj huruf, serta hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Khoirur Roziqi
Date Deposited: 05 Apr 2024 07:04
Last Modified: 05 Apr 2024 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32275

Actions (login required)

View Item View Item