PENGARUH FILM PENDEK DAN GOOGLE APPS TERHADAP LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI MIN 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Fauziyah, Litsa (2024) PENGARUH FILM PENDEK DAN GOOGLE APPS TERHADAP LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI MIN 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
LITSA NAILUL FAUZIYAH _223206040014.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan sehingga terciptanya teknologi baru yang menandai kemajuan zaman. Hingga kini, teknologi yang berkembang sudah memasuki tahap digital. Termasuk di Indonesia, setiap bidang sudah memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan, antara lain pada bidang pendidikan. Salah satu sekolah yang memanfaatkan teknologi yaitu MIN 3 Jember. MIN 3 Jember memanfaatkan teknologi melalui film pendek dan Google Apps sebagai usaha dalam literasi digital.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menguji pengaruh film pendek terhadap literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2023/2024. (2) Menguji pengaruh Google Apps terhadap literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2023/2024. (3) Menguji pengaruh film pendek dan Google Apps terhadap literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 3 Jember yang berjumlah 61, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling, dengan jumlah sampel 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T dan Uji F.
Hasil penelitian (1)Hasil uji T pada variabel film pendek diketahui nilai signifikansi sebesar 0,002<0,05 dan nilai t-hitung>t-tabel (3.593>1.703), maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh film pendek terhadap literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2023/2024. (2) Hasil uji T pada variabel google apps sebesar 0,010<0,05 dan nilai t-hitung>t-tabel (2.880>1.703), maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh google apps terhadap literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2023/2024. (3)Hasil uji F nilai signifikansinya sebesar 0,000<0,05, dan nilai f-hitung>f-tabel (13.277>3.35), maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh film pendek dan google apps terhadap literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Penggunaan film pendek dan Google Apps memiliki dampak yang signifikan terhadap literasi digital karena keduanya membantu mengembangkan kemampuan kritis dan analitis dalam menghadapi informasi digital, menjadikannya penting untuk mengatasi tantangan literasi digital di era modern. Oleh karena itu, jika kedua media tersebut diterapkan, maka dapat dianggap sebagai strategi yang efektif untuk literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember pada tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan sehingga terciptanya teknologi baru yang menandai kemajuan zaman. Hingga kini, teknologi yang berkembang sudah memasuki tahap digital. Termasuk di Indonesia, setiap bidang sudah memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan, antara lain pada bidang pendidikan. Salah satu sekolah yang memanfaatkan teknologi yaitu MIN 3 Jember. MIN 3 Jember memanfaatkan teknologi melalui film pendek dan Google Apps sebagai usaha dalam literasi digital.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menguji pengaruh film pendek terhadap literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2023/2024. (2) Menguji pengaruh Google Apps terhadap literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2023/2024. (3) Menguji pengaruh film pendek dan Google Apps terhadap literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 3 Jember yang berjumlah 61, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling, dengan jumlah sampel 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T dan Uji F.
Hasil penelitian (1)Hasil uji T pada variabel film pendek diketahui nilai signifikansi sebesar 0,002<0,05 dan nilai t-hitung>t-tabel (3.593>1.703), maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh film pendek terhadap literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2023/2024. (2) Hasil uji T pada variabel google apps sebesar 0,010<0,05 dan nilai t-hitung>t-tabel (2.880>1.703), maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh google apps terhadap literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2023/2024. (3)Hasil uji F nilai signifikansinya sebesar 0,000<0,05, dan nilai f-hitung>f-tabel (13.277>3.35), maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh film pendek dan google apps terhadap literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Penggunaan film pendek dan Google Apps memiliki dampak yang signifikan terhadap literasi digital karena keduanya membantu mengembangkan kemampuan kritis dan analitis dalam menghadapi informasi digital, menjadikannya penting untuk mengatasi tantangan literasi digital di era modern. Oleh karena itu, jika kedua media tersebut diterapkan, maka dapat dianggap sebagai strategi yang efektif untuk literasi digital dalam pembelajaran IPAS di MIN 3 Jember pada tahun pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Film Pendek, Google Apps, Literasi Digital

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Film Pendek, Google Apps, Literasi Digital
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Depositing User: Litsa Litsa Fauziyah
Date Deposited: 23 Oct 2024 01:41
Last Modified: 23 Oct 2024 01:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32280

Actions (login required)

View Item View Item