Implementasi Program Labbaik Special Gift pada Tabungan Haji Bank Syariah Indonesia (Fatwa DSN MUI Nomor:86/DSN-MUI/XII/2012)

Muhammad, Sahrul (2024) Implementasi Program Labbaik Special Gift pada Tabungan Haji Bank Syariah Indonesia (Fatwa DSN MUI Nomor:86/DSN-MUI/XII/2012). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD SAHRUL_201105010013.pdf

Download (6MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia (BSI) mengimplementasian banyak program yang dapat meningkatkan hubungan nasabah dengan BSI. Terutama pada produk tabungan haji, BSI mengimplementasikan salah satu program Labbaik Special Gift. Pada program Labbaik Special Gift nasabah mendapatkan hadiah sesuai dengan ketentuan jumlah nominal tabungan haji yang telah ditentukan oleh pihak BSI untuk memberikan apresiasi kepada nasabah.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Program Labbaik Special Gift pada Tabungan Haji yang di terapkan oleh BSI KCP Jember Gajah Mada? 2) Bagaimana Kesesuaian Program Labbaik Special Gift pada Tabungan Haji di BSI KCP Jember Gajah Mada menurut Fatwa DSN MUI Nomor: 86/DSN-MUI/XII/2012?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Program Labbaik Special Gift yang di terapkan oleh BSI KCP Jember Gajah Mada. 2) Untuk mengetahui kesesuaian Program Labbaik Special Gift pada Tabungan Haji di BSI KCP Jember Gajah Mada menurut Fatwa DSN MUI Nomor: 86/DSN-MUI/XII/2012.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada yang bertempat di Kota Jember Kecamatan Kaliwates. Pelaksanakan penelitian ini berlangsung selama 6 minggu yang dimulai pada pekan terakhir Oktober hingga tengah minggu Desember 2023. Penentuan informan menggunakan teknik snowball. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan menggunakan teknik triangulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan 1) Implementasi program Labbaik Special Gift di BSI KCP Jember Gajah Mada melibatkan langkah-langkah seperti pembukaan tabungan haji atas nama pribadi dengan setoran dana sesuai opsi yang disediakan (Rp5.000.000 atau Rp10.000.000), penandatanganan surat pernyataan kuasa, dan penerimaan hadiah secara langsung atau melalui wakil. Nasabah dapat menerima hadiah (sajadah atau mukenah) setelah menandatangani surat pernyataan; 2) Berdasarkan reduksi data yang diperoleh dalam penelitian yang kemudian dikaitkan dengan Fatwa DSN MUI Nomor: 86/DSN-MUI/XII/2012 program Labbaik Special Gift pada tabungan haji di BSI KCP Jember Gajah Mada sudah sesuai dengannya, hal ini dibuktikan dengan setiap poin keputusan yang terdapat dalam Fatwa sejalan dengan pengimplementasian program Labbaik Special Gift.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Labbaik Special Gift, Fatwa DSN-MUI.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Muhammad Sahrul
Date Deposited: 22 Apr 2024 02:47
Last Modified: 22 Apr 2024 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32284

Actions (login required)

View Item View Item