IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DALAM MENEKAN KREDIT BERMASALAH DI BANK BRI UNIT TANJUNG CABANG JEMBER

Saputra, Firman Hadi (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DALAM MENEKAN KREDIT BERMASALAH DI BANK BRI UNIT TANJUNG CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIRMAN HADI SAPUTRA_NIM. 204105010038.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bank BRI merupakan salah satu Bank milik pemerintah yang tersbesar di Indonesia yang mempunyai tujuan mensejahterakan masyarakat Indonesia. Seperti halnya bank-bank lain, Bank Rakyat Indonesia juga menawarkan berbagai macam produk dan layanan perbankan. Diantara produk yang ditawarkan adalah Kredit Usaha Rakyat. Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu pilihan kredit konsumtif yang ditawarkan oleh Bank Rakyat Indonesia. Dalam menjalankan produknya, Bank Rakyat Indonesia tidak lepas dari risiko. Oleh karena itu manajemen risiko diperlukan khususnya di Bank Rakyat Indonesia Kantor Unit Tanjung Cabang Jember dan diharapkan dapat meminimalisir risiko yang terjadi pada penyaluran Kredit Multiguna dengan prosedur dan sistematika yang jelas dan baik.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Penerapan Manajemen Risiko Kredit Pada Pinjaman KUR Dalam Menekan Kredit Bermasalah Pada Bank BRI Unit Tanjung?, 2. Bagaimana Tantangan Dan Hambatan Dalam Penerapan Manajemen Risiko Kredit Pada Pinjaman KUR Di Bank BRI Unit Tanjung ?.
Tujuan Penelitian ini antara lain: 1. Mengetahui Penerapan Manajemen Risiko Kredit Pada Pinjaman KUR Dalam Menekan Kredit Bermasalah Pada Bank BRI Unit Tanjung 2. Mengetahui Tantangan Dan Hambatan Dalam Penerapan Manajemen Risiko Kredit Pada Pinjaman KUR Di Bank BRI Unit Tanjung.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan data.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Manajemen risiko kredit yag diterapkan Bank Rakyat Indonesia Unit Tanjung Cabang Jember dalam mengatasi kredit macet dengan beberapa tahap, yaitu: lingkungan internal, penetapan tujuan, identifikasi risiko, penilaian risiko, sikap atas risiko, aktivitas-aktivitas pengendalian , informasi dan komunikasi, dan monitoring. 2. Tantangan dan hambatan dalam menghadapi manajemen risiko Bank BRI Unit Tanjung Jember ada 2 yaitu: kendala internal (kesalahan dalam mengidentifikasi analisa 7P dalam penyaluran kredit) dan kendala eksternal (usaha nasabah tdak berkembang, individu nasabah yang tidak baik, dan bencana alam).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko Kredit, Kredit Macet, Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr. Firman Hadi Saputra
Date Deposited: 22 Apr 2024 03:54
Last Modified: 22 Apr 2024 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32289

Actions (login required)

View Item View Item