PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API PANDALUNGAN KOTA JEMBER

RAMADANI, MOCH. DIKI (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API PANDALUNGAN KOTA JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MOCH. DIKI RAMADANI_204105020158.pdf

Download (4MB)

Abstract

Moch. Diki Ramadani, Saihan, 2023: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Penumpang Kereta Api Pandalungan Kota Jember.
Bertambahnya jumlah penduduk di suatu negara menjadi salah satu tolok
ukur pembangunan yang berkelanjutan, moda trasnportasi menjadi salahsatu
kebutuhan utama untuk memudahkan mobilitas masyarakat. Kereta api
merupakan moda transportasi darat yang dapat diandalkan karena tingkat efisiensi
dan efektivitasnya yang cukup baik. Mengapa demikian, karena kereta api
mempunyai jalur sendiri yang tidak dapat digunakan oleh kendaraan lain kecuali
kereta itu sendiri. Saat ini di Kota jember terdapat kereta baru yakni Kereta Api
Pandalungan dengan rute Jember-Jakarta, kereta api ini termasuk dalam kereta api
terpanjang tanpa transit atau menggunakan sistem direct operation.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah a)Adakah pengaruh
responsiveness terhadap kepuasan penumpang kereta api pandalungan b)Adakah
pengaruh assurance terhadap kepuasan penumpang kereta api pandalungan
c)Adakah pengaruh tangible terhadap kepuasan penumpang kereta api
pandalungan d)Variabel manakah yang paling dominan dalam kualitas pelayanan
kereta api pandalungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan
penumpang kereta api pandalungan Kota Jember. Metode penelitian ini adalah
kuantitatif yaitu dengan menyebar kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah
penumpang Kereta Api Pandalungan Kota Jember, dengan sampel sebanyak 100
responden, dengan menggunakan SPSS 17. Dengan teknik sampel purposive
sampling dan teknik analisis linier berganda.
Hasil dari penelitian ini terdiri atas variabel responsiveness, assurance,
dan tangible terhadap kepuasan penumpang yang dapat disimpulkan bahwa
variabel responsiveness, assurance, dan tangible berpengaruh signifikan secara
parsial dan simultan terhadap kepuasan penumpang. Variabel paling dominan
dalam penelitian ini adalah tangible.
Kata Kunci : responsiveness, assurance, tangible, kepuasan penumpang Kereta
Api Pandalungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1507 Transportation and Freight Services > 150702 Rail Transportation and Freight Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1507 Transportation and Freight Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E Moch. Diki Ramadani
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:29
Last Modified: 23 Apr 2024 03:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32307

Actions (login required)

View Item View Item