EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENCATATAN PERSEDIAAN PADA PT LIMA JAYA TUNGGAL JEMBER

Alfarisi, Mohammad Salman (2024) EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENCATATAN PERSEDIAAN PADA PT LIMA JAYA TUNGGAL JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Mohammad Salman Alfarisi_E20173056.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mohammad Salman Alfarisi, 2017: Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Pencatatan Persediaan pada PT Lima Jaya Tunggal Jember.
Kata kunci: persediaan, FIFO, PSAK No.14
Perusahaan perlu mengatur kebijakan yang tepat mengenai metode pencatatan dan penilaian persediaan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum. Terkadang dalam penerapannya, metode pencatatan maupun penilaian persediaan belum dilakukan dengan baik. Penerapan sistem akuntansi yang benar maka akan menghasilkan informasi akuntansi yang dapat dijadikan sebagai alat untuk menciptakan pengawasan intern yang baik. Pengawasan terhadap persediaan harus dapat memberikan keyakinan, bahwa data yang mengenai persediaan dapat dipercaya baik dari segi fisik, jumlah, kualitas, harga maupun pencatatannya. Persediaan juga memiliki pengaruh terhadap laporan keuangan suatu perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini diantaranya: 1) Untuk membandingkan teori yang didapat dengan praktek yang dilakukan di PT Lima Jaya Tunggal Jember, 2) Untuk mengetahui lebih jelas mengenai sistem pencatatan persediaan barang dagang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Pendekatan deskriptif dan verifikatif adalah untuk menjelaskan, meringkaskan berbagai kondisi, berbagai situasi, atau berbagai variabel yang timbul di masyarakat yang menjadi objek penelitian itu berdasarkan apa yang terjadi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kualitatif.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) secara keseluruhan sistem pengendalian intern persediaan barang dagang berjalan efektif, dimana manajemen perusahaan sudah menerapkan konsep dan prinsip-prinsip pengendalian intern; 2) Metode pencatatan yang dipakai PT Lima Jaya Tunggal Jember adalah sistem pencatatan perpetual dan metode penilaian yang digunakan adalah FIFO. Sistem FIFO digunakan dimana barang yang pertama masuk pertama keluar hal ini untuk mengantisipasi terjadinya tumbunya jamur atau berjamur yang dapat menyebabkan kerugian pada pihak perusahaan sehingga menyebabkan laba menurun, dan metode ini telah sesuai dengan PSAK No.14.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: MOHAMMAD SALMAN ALFARISI
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:39
Last Modified: 23 Apr 2024 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32312

Actions (login required)

View Item View Item