GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM PEMBINAAN MOTIVASI KERJA GURU DAN KARYAWAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Habibatul Khoiroh, Vina (2024) GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM PEMBINAAN MOTIVASI KERJA GURU DAN KARYAWAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI VINA HABIBATUL KHOIROH_.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu corak kepemimpinan yang akhir-akhir ini banyak dikaji dalam psikologi adalah gaya kepemimpinan transaksional dan gaya kepemimpinan transformasional. Dengan perpaduan gaya ini kepala akan mendorong para guru dan karyawan semakin memiliki kinerja yang baik dan profesional dalam mengerjakan tugasnya serta munculnya ide-ide kreatif dan inovasi untuk memajukan madrasah. Jadi gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional ini yang diterapkan dalam pembinaan motivasi kerja guru dan karyawa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gaya kepemimpinan transaksional kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember?, 2) Bagaimana gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan transaksional kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember, 2) Untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember?
Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa kepala madrasah dalam pembinaan motivasi kerja guru dan karyawan meliputi: 1) Gaya kepemimpinan transaksional meliputi contingent reward menukarkan reward berupa motivasi kerja sehingga mendapatkan prestasi kenaikan pangkat/jabatan bagi guru dan karyawan yang menghasilkan kinerja yang baik, management by exception memberikan kepercayaan kepada tim untuk melaksanakan tupoksinya, active management by exception dengan melakukan supervisi. 2) Gaya kepemimpinan transformasional meliputi attributed charisma adanya sholat dhuha, idealized influence rapat musyawarah mufakat, inspirational motivation pembiasaan sholat dan ngaji bersama, intelectual stimulation membuat program tahfidz, individualized consideration adanya diklat dan seminar bagi guru dan karyawan. 3) Gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional kepala madrasah dalam pembinaan motivasi kerja guru dan karyawan meliputi a) dengan menyediakan peraturan yang tepat seperti disiplin waktu bagi guru maupun karyawan, b) dengan menyediakan kerjasama dan dukungan yang berkelanjutan dengan komite madrasah, c) dengan menjalin hubungan komunitas madrasah yang positif antara kepala madrasah dan bawahannya.

Kata Kunci : gaya kepemimpinan transaksional, gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja guru dan karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Perpustakaan Vina Habibatul Khoiroh
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:38
Last Modified: 23 Apr 2024 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32316

Actions (login required)

View Item View Item