Pengaruh Tingkat Kecukupan Modal, Marjin Bunga Bersih Dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional Terhadap Tingkat Pengembalian Aset Pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Azizah, Indah Nur (2024) Pengaruh Tingkat Kecukupan Modal, Marjin Bunga Bersih Dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional Terhadap Tingkat Pengembalian Aset Pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INDAH NUR AZIZAH __204105010094_.pdf

Download (7MB)

Abstract

Indah Nur Azizah, Dr. Hersa Farida Qoriani, S.Kom., M.EI : Pengaruh Tingkat Kecukupan Modal, Marjin Bunga Bersih, Biaya Operasional Pendapatan Operasional Terhadap Tingkat Pengembalian Aset Pada PT Bank Mandiri (Persero)Tbk.

Kata Kunci : Tingkat Kecukupan Modal, Marjin Bunga Bersih, Biaya OperasionalPendapatan Operasional, Tingkat Pengembalian Aset.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Melemahnya Kinerja bank berdampak pada tingkat kemakmuran masyarakat yang dapat dirasakan secara langsung atau tidak langsung. Salah satu usaha untuk mengidentifikasi bagaimana kinerja suatu perusahaan terutama yaitu bank, dengan cara melakukan penilaian dan pengukuran kinerja terhadap profitabilitas atau tingkat pengembalian aset. Beberapa faktor yang mempengaruhi Tingkat Pengembalian Aset adalah Tingkat Kecukupan Modal (CAR),Marjin Bunga Bersih (NIM) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO).
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah Tingkat Kecukupan Modal Berpengaruh Terhadap Tingkat Pengembalian Aset? 2) Apakah Marjin Bunga bersih Berpengaruh Terhadap Tingkat Pengembalian Aset? 3) Apakah Biaya Operasional Berpengaruh Terhadap Tingkat Pengembalian Aset? 4) Apakah Tingkat Kecukupan Modal, Marjin Bunga Bersih dan Biaya Operasional secara bersama- sama (simultan) berpengaruh terhadap Tingkat Pengembalian Asset.
Tujuan Penelitian ini adalah menguji dan menaganalisis : 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh tingkat kecukupan modal terhadap tingkat pengembalian asset. 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh marjin bunga bersih terhadap tingkat pengembalian asset. 3) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh biaya operasional terhadap tingkat pengembalian asset. 4) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh Tingkat Kecukupan Modal, Marjin bunga Bersih dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional secara bersama- sama (simultan) terhadap Tingkat Pengembalian Asset.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis data time series. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Periode 2013-2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tingkat kecukupan modal, marjin bunga bersih, biaya operasional pendapatan operasional dan tingkat pengembalian asset periode 2013-2022 sejumlah 40 data. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistic deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefesien determinasi, uji regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Secara parsial Tingkat Kecukupan Modal berpengaruh terhadap tingkat pengembalian asset sebesar 0,006 < 0,05. 2) Secara Parsial Marjin Bunga Bersih berrpengaruh terhadap Tingkat Pengembalian Aset sebesar 0,000 < 0,05. 3) Secara Parsial Biaya Operasional Pendapatan Operasional berrpengaruh terhadap Tingkat Pengembalian Aset sebesar 0,000 < 0,05. 4) dan secara simultan Tingkat Kecukupan Modal, Marjin Bunga Bersih dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional berpengaruh terhadap tingkat pengembalian asset sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Indah Nur Azizah
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:03
Last Modified: 23 Apr 2024 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32319

Actions (login required)

View Item View Item