PENANGANAN KREDIT MACET NON PERFOMING LOAN (NPL) PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) AMBULU DHANAARTA JEMBER

Uswatun, Hasanah (2024) PENANGANAN KREDIT MACET NON PERFOMING LOAN (NPL) PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) AMBULU DHANAARTA JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
USWATUN HASANAH_201105010005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perbankan adalah tulang punggung ekonomi suatu negara, bertindak sebagai penopang sistem pembayaran, kebijakan moneter, dan stabilitas keuangan. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Ambulu Dhanaartha Jember, dengan 28 tahun pengalaman, memiliki peran sentral dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, kredit macet merupakan masalah yang sering dihadapi oleh bank, yang dapat mempengaruhi kesehatan keuangan perusahaan. BPR Ambulu Dhanaartha mengatasi kredit macet melalui pendekatan rescheduling dan restrukturisasi, dengan memperhatikan nasabah secara kekeluargaan. Melalui strategi ini, BPR berhasil menyelesaikan kredit bermasalah, memastikan kelancaran operasional bisnis, dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.
Fokus yang diteliti pada skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana penanganan terjadinya kredit macet Non Performing Loan (NPL) Pada BPR Ambulu Dhanaartha Jember?. 2. Bagaimana strategi yang diambil oleh BPR Ambulu Dhanaartha Jember dalam penanganan kredit macet Non Performing Loan (NPL)?.
Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1. Untuk mengetahui bagaimana penanganan terjadinya kredit macet Non Performing Loan (NPL) Pada BPR Ambulu Dhanaartha Jember. 2. Untuk mengetahui strategi apa saja yang diambil oleh BPR Ambulu Dhanaartha Jember dalam penanganan kredit macet Non Performing Loan (NPL).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumen, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, rangkuman, penyusunan laporan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini antara lain: 1. BPR Ambulu Dhanaartha Jember mengelola kredit macet secara holistik dengan pendekatan 3 tahap klasifikasi dan penerapan model 5C dalam penilaian risiko kredit. Penyebab kredit macet teridentifikasi dari faktor eksternal dan internal, termasuk kondisi ekonomi dan manajemen risiko yang kurang efektif. 2. BPR Ambulu Dhanaartha Jember mengatasi kredit macet melalui strategi rescheduling yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap kondisi nasabah. Kolaborasi dengan analis kredit dan manajemen risiko ditekankan, dengan analisis keuangan dan penyebab tunggakan yang mendalam. Penjadwalan ulang dilakukan cermat dengan kesepakatan formal untuk transparansi, dokumentasi menyeluruh, dan pemantauan berkala proaktif, menjaga integritas proses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BPR Ambulu Dhanaartha Jember, Kredit Macet, Non Performing Loan (NPL), Prinsip 5C.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: SE Uswatun Hasanah
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:20
Last Modified: 23 Apr 2024 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32323

Actions (login required)

View Item View Item