EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BOSDA DI SEKOLAH DASAR ISLAM NURUL HIDAYAH KECAMATAN KADEMANGAN KOTA PROBOLINGGO

Safitri, Safitri (2024) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BOSDA DI SEKOLAH DASAR ISLAM NURUL HIDAYAH KECAMATAN KADEMANGAN KOTA PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SAFITRI_204105030073.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengelolaan Dana BOSDA pendidikan merupakan aspek penting dalam pembangunan suatu daerah karena menciptakan SDM berkualitas yang berkontribusi besar terhadap kemajuan bangsa. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan menjelaskan bahwa biaya pendidikan terdiri atas biaya investasi, operasi, dan personal. Oleh karena itu Pemerintah Daerah Kota Probolinggo menyediakan BOSDA untuk membiayai kegiatan operasional sekolah agar pendidikan terjangkau dan bermutu bagi masyarakat. Hal yang melatar belakangi peneliti melakukan penelitian dikota probolinggo, karena disini pernah terjadi indikasi penyalahgunaan dana BOSDA tingkat SD SMP di kota probolinggo pada tahun 2020. Sehingga peneliti tertarik untuk mengangkat judul ini untuk mengetahui Efektivitas pengelolaan dana BOSDA di SDI nurul hidayah untuk memastikan alokasi dana digunakan secara tepat dan sesuai regulasi.
Berdasarkan konteks penelitian di atas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu: 1. Bagaimana penerapan atau pengelolaan dana BOSDA? 2. Bagaimana efektivitas pengelolaan dana BOSDA di Sekolah Dasar Islam Nurul Hidayah Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui penerapan atau pengelolaan dana BOSDA 2. Untuk mengetahui efektivitas pengelolaan dana BOSDA di Sekolah Dasar Islam Nurul Hidayah Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1. Pengelolaan dana BOSDA di SDI Nurul Hidayah sudah berjalan cukup baik karena sudah sesuai dengan petunjuk teknis pengelolaan dana BOSDA, yaitu dengan adanya keterbukaan dan keterlibatan semua komponen sekolah mulai dari tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan serta tahapan pelaporan dan pertanggungjawaban dana BOSDA. 2. Pengelolaan Dana BOSDA di SDI Nurul Hidayah sudah efektif karena dana BOSDA yang diterima telah digunakan sesuai dengan semestinya dan sesuai dengan Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Pemberian Bantuan Operasional Sekolah Daerah Dan Biaya Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Safitri .
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:23
Last Modified: 24 Apr 2024 02:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32325

Actions (login required)

View Item View Item