Analisis Kinerja Keuangan Bank BUMN Dengan Teknik Penilaian RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning and Capital)

Yuliana, Siti (2024) Analisis Kinerja Keuangan Bank BUMN Dengan Teknik Penilaian RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning and Capital). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI YULIANA 204105010095.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Yuliana, Dr. H. Roni Subhan, S.Pd., M.Pd., 2024: Analisis Kinerja Keuangan Bank BUMN Dengan Teknik Penilaian RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, dan Capital).
Kata kunci: Kinerja Keuangan, RGEC
Memahami kondisi kesehatan bank adalah salah satu aspek yang penting bagi para pihak yang memiliki kepentingan di dalamnya. Penilaian mengenai keadaan bank yang sehat memiliki peranan penting karena bank bertanggung jawab dalam mengelola dana yang dipercayakan oleh masyarakat kepada bank terutama pada bank yang hingga saat ini masih banyak diminati masyarakat seperti Bank BUMN. Bank BUMN merupakan salah satu pengaruh yang dominan dalam perekonomian Indonesia
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan permasalahan yang menarik untuk dikaji yaitu Bagaimana tingkat kinerja keuangan Bank BUMN periode 2018-2022 dengan teknik penilaian RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, dan Capital)?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kondisi kinerja keungan Bank BUMN periode 2018-2022 dengan teknik penilaian RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, dan Capital).
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung dan memberikan peringkat komposit rasio yang terdapat pada metode RGEC.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa hasil analisis dengan menggunakan teknik penilaian RGEC menunjukkan kondisi keuangan dari keempat Bank BUMN selama periode 2018-2022 secara keseluruhan terdapat satu bank yang berada dikondisi cukup sehat yaitu Bank Tabungan Negara, sedangkan satu bank lagi dalam kondisi sehat yaitu Bank Negara Indonesia, dan dua bank lainnya yaitu Bank Rakyat Indonesia dan Bank Mandiri berada dikondisi sangat sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
Depositing User: siti Yuliana
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:14
Last Modified: 23 Apr 2024 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32332

Actions (login required)

View Item View Item