Evaluasi Model Context, Input, Process, Product pada Program Tahfidz Al-Qur'an di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso

Maghfirah, Andini Lutviatul (2024) Evaluasi Model Context, Input, Process, Product pada Program Tahfidz Al-Qur'an di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ANDINI LUTVIATUL MAGHFIRAH (202101030093).pdf

Download (2MB)

Abstract

Andini Lutviatul Maghfirah, 2024: Evaluasi Model Context, Input, Process, Product pada Program Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso.
Kata kunci: Evaluasi Program, Evaluasi Model CIPP, Tahfidz Al-Qur’an
Evaluasi model context, input, process, product pada program tahfidz merupakan penilaian secara menyeluruh secara sumatif dan formatif yang dimulai dari tahap awal sampai output pada program tahfidz Al-Qur’an di MAN Bondowoso. Evaluasi ini berguna agar program tahfidz Al-Qur’an sejalan dengan kebutuhan siswa dan masyarakat serta dapat mencapai tujuan program.
Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana evaluasi context pada program tahfidz Al-Qur’an di MAN Bondowoso? 2) Bagaimana evaluasi input pada program tahfidz Al-Qur’an di MAN Bondowoso? 3) Bagaimana evaluasi process pada program tahfidz Al-Qur’an di MAN Bondowoso? 4) Bagaimana evaluasi product pada program tahfidz Al-Qur’an di MAN Bondowoso?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan evaluasi context pada program tahfidz Al-Qur’an di MAN Bondowoso, 2) Untuk mendeskripsikan evaluasi input pada program tahfidz Al-Qur’an di MAN Bondowoso, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi process pada program tahfidz Al-Qur’an di MAN Bondowoso, 4) Untuk mendeskripsikan evaluasi product pada program tahfidz Al-Qur’an di MAN Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis datanya melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini penunjukkan bahwa: 1) Evaluasi context program tahfidz mendapatkan hasil yang sangat baik dengan memenuhi semua kriteria yaitu lingkungan yang mendukung, tujuan yang jelas dan sesuai dengan kebutuhan sasaran program 2) Evaluasi input program tahfidz mendapatkan hasil yang sangat baik dengan memenuhi semua kriteria yaitu sumber daya manusia, sarana dan prasarana penunjang program, dana/anggaran yang tercukupi, terdapat prosedur dan strategi pelaksanaan program 3) Evaluasi process program tahfidz mendapatkan hasil yang baik tetapi belum maksimal karena pelaksanaan kurang sesuai rencana dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang kurang maksimal 4) Evaluasi product program tahfidz mendapat hasil yang sangat baik dengan memenuhi semua kriteria yaitu hasil yang dicapai maksimal, outcome program tahfidz yang berhasil dan terdapat manfaat yang diperoleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andini Lutviatul Maghfirah
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:05
Last Modified: 30 Apr 2024 04:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32333

Actions (login required)

View Item View Item