IMPLEMENTASI FINANCIAL TECHNOLOGY ( FINTECH ) DALAM MENINGKATKAN LAYANAN KEUANGAN INKLUSIF DI BANK BRI KC JEMBER

Risalatul, Ulami (2024) IMPLEMENTASI FINANCIAL TECHNOLOGY ( FINTECH ) DALAM MENINGKATKAN LAYANAN KEUANGAN INKLUSIF DI BANK BRI KC JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Risalatul Ulami _203105010001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Financial Technology (Fintech) merupakan inovasi di bidang jasa keuangan yang mana tidak perlu lagi menggunakan uang kertas. Dengan kata lain, keberadaan financial technology mengubah mata uang menjadi digital agar lebih efisien Kemajuan dalam bertransaksi ekonomi yang dikenal Fintech ini juga berpengaruh pada inovasi teknologi dalam dunia ekonomi dan keuangan perbankan.

Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Apa saja Financial Technology yang digunakan di Bank BRI KC Jember ? (2) Bagaimana implementasi Financial Technology pada Bank BRI KC Jember dalam meningkatkan layanan keuangan inklusif ? (3) Bagaimana peluang dan tantangan dalam implementasi Financial Technology pada Bank BRI KC Jember dalam meningkatkan layanan keuangan inklusif ?

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui financial technology yang digunakan di Bank BRI KC Jember (2) Untuk mengetahui implementasi financial technology pada Bank BRI KC Jember dalam meningkatkan layanan keuangan inklusif (3) Untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam implementasi financial technology pada Bank BRI KC Jember dalam meningkatkan layanan keuangan inklusif.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data. Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

Berdasarkan penelitian yang sudah peneliti lakukan bahwa, (1) fintech pada Bank BRI KC Jember ialah : Brimo, IBBIZ, BriApi, PARI, Ceria, QLOLA, dan Pasar.id. (2) Implementasi fintech dalam meningkatkan layanan keuangan inklusif dapat memberikan kemudahan bagi nasabah dalam transaksi atau hal lainnya. (3) Peluang fintech sangatlah besar dan luas salah satunya bagi pelaku UMKM atau pun pelaku bisnis. Tantangan fintech kurangnya pemahaman terkait digitalisasi. Strategi dalam menghadapi tantangan tersebut ialah perlunya sosialisasi dan edukasi akan digital dan fintech kepada Masyarakat agar melek digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: financial technology, keuangan inklusif
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: me Risalatul Ulami
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:34
Last Modified: 24 Apr 2024 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32341

Actions (login required)

View Item View Item