PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PT BANK BUKOPIN SYARIAH

RINA ANGGUN, PRATIWI (2024) PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PT BANK BUKOPIN SYARIAH. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rina Anggun Pratiwi 
_201105010015.pdf

Download (11MB)

Abstract

Perbankan Syariah produk yang tidak mengandung bunga berupa pembiayaan bagi hasil atau yang lebih dikenal dengan profit and loss sharing dan pembiayaan murabahah pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah. Sistem pembiayaan bagi hasil merupakan sistem dilakukannya perjanjian atau ikatan bersama dalam melakukan kegiatan usaha. Sistem bagi hasil yang diterapkan pada perbankan syariah mempertahankan kinerja bank dan tidak terganggu dengan tingkat suku bunga simpanan yang melonjak sehingga beban operasional rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh pembiayaan bagi hasil terhadap kinerja keuangan pada Bank Bukopin Syariah?
(2) Berapa besar pengaruh pembiayaan terhadap laba pada Bank Bukopin Syariah?
Tujuan peneliti ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh pembiayaan bagi hasil terhadap kinerja keuangan di Bank Bukopin Syariah. (2) Memberikan mengetahui seberapa besar pengaruh pembiayaan pada laba bersih pada Bank Bukopin Syariah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi atau kolelasional, yaitu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan progam SPSS Versi 25 untuk mengolah data. Data yang dipakai yaitu data sekunder yang diperoleh dari website masing-masing Bank Bukopin Syariah yang terdaftar di OJK periode 2018-2022. Data observasi yang digunakan sebanyak 59 data.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1. Secara parsial Pembiayaan Bagi Hasil berpengaruh tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Laba Bersih. Artinya Laba Bersih dinyatakan tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap laba bersih. (2) Secara Simultan Laba Bersih dan Pembiayaan Bagi Hasil tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Pembiayaan Bagi Hasil dan Laporan Keuangan laba bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Bagi Hasil dan Kinerja Keuangan (laba bersih)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: me Rina Anggun Pratiwi
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:40
Last Modified: 24 Apr 2024 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32342

Actions (login required)

View Item View Item