Peran Pengelolaan Keuangan Dalam Meningkatkan Keberlanjutan Usaha Pada Koplak Food Jember

Ali, Moh. Saifi (2024) Peran Pengelolaan Keuangan Dalam Meningkatkan Keberlanjutan Usaha Pada Koplak Food Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Saifi Ali_204105030079.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengelolaan keuangan merupakan proses untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan, pengelolaan keuangan pada dasarnya adalah perencanaan, analisis, dan pengendalian kegiatan keuangan. Sejauh mana suatu perusahaan mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan adalah tolak ukur efektivitas pengelolaan keuangan. Melalui pengelolaan keuangan yang baik dan teratur tentunya diharapkan pada akhirnya akan tercapai tertib administrasi pencatatan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan baik secara individu ataupun organisasi. Pentingnya pengelolaan keuangan pada suatu usaha sangat penting dalam meningkatkan keberlanjutan usaha, dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik dalam suatu usaha maka akan berpengaruh dalam evaluasi dan pengambilan keputusan yang diambil pada suatu usaha tersebut.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan keuangan pada Koplak Food Jember? 2) Bagimana peran pengelolaan keuangan dalam meningkatkan keberlanjutan usaha pada Koplak Food Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengelolaan keuangan Koplak Food Jember. 2) Untuk mengetahui peran pengelolaan keuangan dalam meningkatkan keberlanjutan usaha pada Koplak Food Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis pendekatan deskriptif. Tempat penelitian dilakukan pada Koplak Food Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pengelolaan keuangan pada Koplak Food Jember menggunakan teknik pencatatan sederhana yang dilakukan oleh bendahara Koplak Food Jember dan masih belum menggunakan teknik pengelolaan keuangan yang sesuai dengan SAK yang berlaku; 2) Proses keberlanjutan usaha yang diterapkan oleh Koplak Food Jember untuk saat ini sudah cukup baik, karena proses keberlanjutan usaha yang dilakukan mulai dari perencanaan modal, pemasaran dan pelanggan, tenaga kerja yang dimiliki, dan forward looking yang dilakukan oleh Koplak Food Jember sudah cukup baik dalam perencanaan dan prakteknya.
Kata Kunci: Pengelolaan Keuangan, Keberlanjutan Usaha, Akuntansi Manajemen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150109 Budgetary Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Moh. Saifi Ali
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:14
Last Modified: 24 Apr 2024 06:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32346

Actions (login required)

View Item View Item