SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA ANDONGSARI KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER

Alamsyah, Hafid (2024) SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA ANDONGSARI KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Hafid Alamsyah _NIM. 203105030002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Pengendalian Manajemen, Pengelolaan Keuangan, Desa.

keuangan desa meliputi perencanaan, penatausahaan, pelaksanaan, pelaporan dan pertnaggungjawaban. Kelima sesi tersebut perlu sistem pengendalian yang dapat membantu mengatur proses jalanya pengelolaan keuangan tersebut untuk menghindari kecurangan yang terjadi selama prosesnya. Melihat pentingya sistem pengendalian manajemen pengelolaan keuangan desa, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian di Dinas Pemerintahan Desa Andongsari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember dengan judul “Sistem Pengendalian Manajemen Pengelolaan Keuangan Desa Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember”.
Adapun fokus maslaah dalam penelitian ini meliputi 1) Bagaimana sistem pengendalian manajemen pengelolaan keuangan desa di Dinas Pemerintahan Desa Andongsari? 2) Apa hambatan yang di hadapi dalam merencanakan pengelolaan keuangan Desa Andongsari?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui sistem pengendalian manajemen pengelolaan keuangan desa di Dinas Pemerintahan Desa Andongsari? 2) Untuk mengetahui hambatan yang muncul dalam pengelolaan keuangan desa di Dinas Pemerintahan Desa Andongsari?
Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Adapun keabsahan data disini menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini 1) Sistem pengendalian manajemen pengelolaan keuangan desa andongsari mempunyai lima unsur yang meliputi a) Lingkungan pengendalian, mencakup peciptaan lingkungan kerja yang kondusif ke seluruh sesi pengelolaan keuangan desa sampai tahap terakhir b) Penilaian resiko, yaitu menganalisa dan mencegah terjadinya fraud ketika proses pengelolaan keuangan desa berlangsung c) Pengendalian, untuk mengatur ketertiban selama proses pengelolaan keuangan desa berlangsung agar sesuai anjuran,perlunya evaluasi dan komunikasi. d) Komunikasi dan Informasi, keterbukaan dalam proses pengelolaan keuangan desa perlu di terapkan untuk menjaga komunikasi dan informasi agar tidak terjadi kesalahan informasi yang menyebabkan terjadinya kesalahan. e) Pemantauan, yaitu proses ketika seluruh proses pengelolaan keuangan selesai dan mengevaluasi untuk kedepanya. 2)Hambatan dalam Pengelolaan keuangan desa dalam lima sesi yaitu a) Perencanaan, hambatan yang di dialami pihak desa adalah menyamakan waktu pertemuan musyawarah desa antara aparat desa dengan masyarakat yang mengikuti musyawarah desa. b) Pelaksanaan, hambatan yang dialami aparat Desa Andongsari adalah masih adanya oknum yang melakukan kecurangan dengan memanfaatkan uang desa untuk kepentingan pribadi. c) Penatausahaan, hambatanya yaitu masih banyak keteledoran yang sering terjadi yang mengakibatkan kesalahan dalam memasukan data dalam sistem keuangan desa yang
Kata Kunci : Pengendalian Manajemen, Pengelolaan Keuangan, Desa.

berbasis digital. d) Pelaporan, hambatan yang terjadi yaitu anggota aparat yang menyusun laporan menjadi hambatan bagi aparat Desa Andongsari. e) Pertanggungjawaban, hambatan yang di alami adalah ketika laporan yang di masukan terdapat masalah karena ketidak sesuai dalam memasukan data yang sudah tercantum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: mr Hafid Alamsyah
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:52
Last Modified: 24 Apr 2024 03:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32347

Actions (login required)

View Item View Item