Analisis Penganggaran, Penatausahaan, dan Akuntansi Pada Laporan Keuangan (Studi Kasus Kantor Desa Condro Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang)

Lailatul, Nur Faizah (2024) Analisis Penganggaran, Penatausahaan, dan Akuntansi Pada Laporan Keuangan (Studi Kasus Kantor Desa Condro Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang). Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Nur Faizah_NIM 201105030006.pdf

Download (4MB)

Abstract

Desa memiliki peluang besar untuk mengawasi administrasi dan mendorong kemajuan dalam meningkatkan kesejahteraan serta mutu hidup masyarakatnya. Berdasarkan fenomena yang terjadi di Kantor Desa Condro, terlihat bahwa Desa mengalami keterbatasan dalam hal sumber daya manusia, keuangan, dan teknologi. Kondisi ini bisa menjadi penghambat dalam proses penganggaran, penatausahaan, dan akuntansi yang efisien.
Berdasarkan latar belakang yang telah di diuraikan, maka fokus peneliti dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana proses Penganggaran, Penatausahaan, dan Akuntansi di Kantor Desa Condro Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang? 2. Bagimana kesesuaian proses Penganggaran, Penatausahaan, dan Akuntansi di Kantor Desa Condro Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang dengan standar di Indonesia?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui Penganggaran, Penatausahaan, dan Akuntansi di Kantor Desa Condro Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. 2. Untuk mengetahui kesesuaian Penganggaran, Penatausahaan, dan Akuntansi di Kantor Desa Condro Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang dengan standar di Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Dalam penentuan sumber data menggunakan teknik purporsive, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kualitatif deskriptif. Keabsahan data menggunakan triagulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Proses penganggaran, penatausahaan, dan akuntansi di Kantor Desa Condro Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang melibatkan seluruh stakeholder Desa serta mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan yang mendesak. 2. Proses penganggaran, penatausahaan, dan akuntansi di Kantor Desa Condro mengikuti standar yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Standar penganggaran di Indonesia didasarkan pada prinsip-prinsip dasar penganggaran.
Kata kunci: Penganggaran, Penatausahaan, Akuntansi, dan Laporan Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Lailatul Nur Faizah
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:46
Last Modified: 24 Apr 2024 03:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32348

Actions (login required)

View Item View Item