Penerapan Akuntansi Rumah Tangga di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember

Meilana, Indah (2024) Penerapan Akuntansi Rumah Tangga di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indah Meilana_204105030093.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Rumah Tangga yang merupakan organisasi kecil yang di dalamnya terdapat anggota keluarga yang saling berhubungan dan adanya aktivitas terkait keuangan dalam keluarganya. Akuntansi Rumah Tangga merupakan akuntansi yang ditetapkan dalam aktivitas keuangan yang terjadi dalam kehidupan keluarga. Sebagian besar permasalahan akuntansi yang dialami oleh anggota keluarga adalah pencatatan keuangan. Fenomena yang banyak terjadi pada keluarga yaitu ketidakmampuan ibu rumah tangga dalam mengelola keuangannya dengan baik. Maka dalam hal ini peneliti mengkaji lebih dalam terkait Penerapan Akuntansi Rumah Tangga di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana pengelolaan keuangan yang dilakukan ibu rumah tangga di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember?, Bagaimana penerapan akuntansi rumah tangga yang dilakukan oleh ibu rumah tangga dalam keuangannya?. Tujuan penelitian ini yaitu yang pertama untuk mengetahui pengelolaan keuangan seperti apa yang dilakukan dalam rumah tangga tersebut, dan yang kedua untuk mengetahui apakah dalam pencatatan keuangan rumah tangganya sudah menerapkan akuntansi.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan subjek penelitian yaitu menggunakan purposive. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan truangulasi sumber.
Hasil dari penelitian berdasarkan fenomena yang terjadi di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember yaitu walaupun ada ibu rumah tangga yang membantu suami dalam menambah penghasilan tetapi ibu rumah tangga juga melakukan pencatatan keuangan sehingga keuangan dalam rumah tangganya lebih teratur dan bisa meminimalisir keuangannya.
Berdasarkan fokus penelitian tentang pengelolaan keuangan yang dilakukan ibu rumah tangga yaitu ibu rumah tangga yang membuat pencatatan pendapatan dan pengeluaran sesuai dengan teori yang telah di tetapkan, dan berdasarkan fokus penelitian tentang penerapan akuntansi rumah tangga yaitu ada ibu rumah tangga yang menerapkan tiga kategori akuntansi rumah tangga diantaranya perencanaan anggaran, pencatatan keuangan dan pengambilan keputusan, ada juga yang tidak menerapkan tiga kategori tersebut tetapi masih menerapkan pencatatan keuangan dan pengambilan keputusan yang di buat.

Kata Kunci: Akuntansi Rumah Tangga, Ibu Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Indah Meilana
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:32
Last Modified: 25 Apr 2024 01:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32355

Actions (login required)

View Item View Item