Pemberdayaan Masyrakat dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kampung SDGs di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember

Mareta furi, Fika (2024) Pemberdayaan Masyrakat dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kampung SDGs di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIKA FURI MARETA_204105020074.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan segala upaya yang dilakukan guna meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan menggali potensi yang dimiliki masyarakat. Maka dari itu pemberdayaan masyarakat adalah suatu proses yang penting dalam keikutsertaan menjalankan program Kampung SDGs sehingga ketika tujuan Kampung SDGs tercapai, maka juga berpengaruh baik terhadap pembangunan ekonomi.

Fokus penelitian yang peneliti lakukan yaitu, 1 )Bagaimana model pemberdayaan masyarakat di Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember? 2) Bagaimana pembangunan ekonomi berbasis kampung SDGs di Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember ?

Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengeksplorasi pemberdayaan masyarakat di Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember. 2) Untuk mengeksplorasi pembangunan ekonomi berbasis kampung SDGs di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di Kampung SDGs Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember. Teknik penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dan menggunakan keabsahan data triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Penelitian ini memperoleh hasil yaitu: 1) Model pemberdayaan masyarakaan di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten jember menerapkan sistem 4 bina yaitu bina manusia, bina usaha, bina lingkungan dan bina kelembagaan. Berdasarkan model pemberdayaan yang diterapkan tersebut dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, selain itu masyarakat juga diperhatikan dari segala aspek seperti SDM, usaha, lingkungan dan lembaganya. 2) Peningkatan pembangunan ekonomi di Kampung SDGs karena beberapa faktor salah satunya yaitu terealisasinya 8 tujuan Kampung SDGs. Peningkatan tersebut juiga terjadi karena dipengaruhi oleh produktivitas dan kreatifitas masyarakatnya dalam segi usaha sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lainnya yang masih pengangguran.

Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat; Pembangunan Ekonomi; Kampung SDGs

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fika Furi mareta
Date Deposited: 24 Apr 2024 08:09
Last Modified: 24 Apr 2024 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32362

Actions (login required)

View Item View Item