Analisis Penerapan Akuntansi Pada Perusahaan Real Estate Di Jember (Studi Pada Perumahan Grand Permata Ajung Jember)

Rohmah, Nuzulur (2024) Analisis Penerapan Akuntansi Pada Perusahaan Real Estate Di Jember (Studi Pada Perumahan Grand Permata Ajung Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NUZULUR WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nuzulur Rohmah, Khamdan Rifa’i: Analisis Penerapan Akuntansi Pada Perusahaan Real Estate Di Jember (Studi Pada Perumahan Grand Permata Ajung Jember)

Kata kunci: Penerapan Akuntansi, Real Estate, Grand Permata Ajung.
Penerapan Akuntansi pada Perusahaan Real estate, Akuntansi adalah suatu bidang pekerjaan yang berhubungan dengan proses data keuangan dan pendukungnya seperti mencari, mengumpulkan, mencatat, menganalisa, menafsirkan, membuat laporan dan bahkan membuat kebijaksanaan terkait data keuangan dari pihak yang membutuhkannya. Aktivitas pengembang real estate adalah kegiatan perolehan tanah untuk kemudian dibangun perumahan dan atau bangunan komersial dan atau bangunan industri. Bagi manusia, rumah adalah kebutuhan primer yang termasuk ke dalam kebutuhan akan sandang.
Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana analisis penerapan akuntansi pada perusahaan real estate perumahan Grand Permata Ajung Jember? 2) Bagaimana proses pencatatan pada perusahaan real estate perumahan Grand Permata Ajung Jember?.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan akuntansi pada perusahaan real estate perumahan grand permata ajung jember. 2) Untuk mengetahui proses pencatatan pada perusahaan real estate perumahan grand permata ajung jember.
Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jeniws penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan yang di anggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini terdiri dari data primeran data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi terhadap narasumber. Meskipun data sekunder diperoleh dar berbagai seumber dokumenter yang relevan, namun data yang disajikan merupakan data yang kredibel.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Penerapan Akuntansi pada perusahaan real estate perumahan Grand Permata Ajung Jember memuat tiga aktivitas penting yaitu pengidentifikasian, pencatatan dan komunikasi kejadian-kejadian ekonomis suatu perusahaan yang menghasilakn informasi bagi para penggunanya. 2) Pencatatan pada perusahaan real estate perumahan Grand Permata Ajung Jember menganut sistem akuntansi keuangan yang mana disebut juga akuntansi umum (general accounting). Informasi yang disajikan dari akunatnsi keuangan berupa laporan keuangan, yang penggunanya adalah pengambil keputusan dari pihak luar. Informasi yang dihasilakn oleh akuntansi keuangan bersifat umum untuk berbagai pengguna. Kelompok pengguna yang biasanya memerlukan informasi akuntansi keuangan adalah: a.) Pihak perusahaan. b) Kreditor perusahaan. c) Pemerintah. d) Karyawan dan e) Pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan Nuzulur Rohmah
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:48
Last Modified: 29 Apr 2024 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32371

Actions (login required)

View Item View Item