PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN MUHADATSAH BERBAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SDIT AL-FARABI KOTA BATAM

Irka Naziah, Dianita (2024) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN MUHADATSAH BERBAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SDIT AL-FARABI KOTA BATAM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
IRKA NAZIAH DIANITA T20174032_WATERMARK BARU.pdf

Download (2MB)

Abstract

Irka Naziah Dianita, 2024: “Penerapan Pendidikan Karakter Melalui
Pembiasaan Muhadatsah Berbahasa Arab Untuk Meningkatkan Kedisiplinan
Siswa di SDIT Al-Farabi Kota Batam”
Penanaman pendidikan karakter untuk menjadikan seseorang memiliki
kepribadian yang baik dalam kesehariannya. Pendidikan karakter bisa dilakukan
dengan pembiasaan dalam kesehariannya di mulai sejak dini untuk menumbuhkan
kebiasaan-kebiasaan baik untuk membentuk karakter yang baik. Proses pendidikan
yaitu membangun watak atau disebut membina karakter. Pembinaan karakter yang
tanpa kita sadari telah bisa melakukan kedisiplinan, tanggung jawab, hormat dan
patuh, memiliki jiwa islami. Sekolah bila ingin menghasilkan peserta didik yang
berkarakter maka sekolah menyiapkan wadah untuk membentuk karakter.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tahapan dan pelaksanaan
penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan muhadatsah berbahasa arab
untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SDIT AL-Farabi Kota Batam? 2) Apa
faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan Pendidikan Karakter dengan
Muhadatsah Berbahasa Arab untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SDIT ALFarabi Kota Batam?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan tahapan dan pelaksanaan
penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan muhadatsah berbahasa arab
untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SDIT AL-Farabi Kota Batam. 2)
Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan Pendidikan
Karakter dengan Muhadatsah Berbahasa Arab untuk Meningkatkan Kedisiplinan
Siswa di SDIT AL-Farabi Kota Batam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data
lapangan model Miles dan Hubermen yang melipuri : 1) pengumpulan data 2)
reduksi data 3) penyajian data dan 4) penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) pendidikan karakter di SDIT Al-Farabi
Kota Batam yaitu dengan (moral knowing) untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan,
(moral feeling) untuk menumbuhkan keinginan dari peserta didik itu sendiri dalam
merasakan (moral acting) maka peserta didik diminta berprilaku baik hasil dari nilai
kebaikan. 2) proses pelaksanaan pendidikan karakter di SDIT Al-Farabi Kota
Batam dengan menanamkan pendidikan karakter melalui proses religius, disiplin
dan tanggung jawab yang dilakukan setiap hari baik didalam kelas maupun di luar
kelas. 3) faktor pendukung merupakan kegiatan yang menjadi dukungan dalam
menjalankan kegiatan pendidikan karakter, diantaranya: (a) Lingkungan yang
kondusif, (b) Adanya pengaruh buruk dari teman sebaya. (c) Ekonomi keluarga
yang dirasa kurang memenuhi dalam membentuk karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irka Naziah Dianita
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:24
Last Modified: 25 Apr 2024 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32374

Actions (login required)

View Item View Item