Implementasi Konsep Blue Economy Pada Wisata Pantai Rumah Apung Bangsring Underwater Di Kabupaten Banyuwangi

Asan, Basri (2024) Implementasi Konsep Blue Economy Pada Wisata Pantai Rumah Apung Bangsring Underwater Di Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achamad Siddiq Jember.

[img] Text
Asan Basri_201105020017_Skripsii.pdf

Download (7MB)

Abstract

Asan Basri, Dr. Adil Siswanto SST.Par., M.Par 2023: Implementasi Konsep Blue Economy Pada Wisata Pantai Rumah Apung Bangsring Underwater Di Kabupaten Banyuwangi

Kata Kunci: Implementasi, Blue Economy, Destinasi Wisata Pantai

Pemanfaatan pantai sebagai destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi tidak sepenuhnya selaras dengan konsep berkelanjutan, oleh karena itu pengimplementasian konsep blue economy harus dimasifkan, termasuk di Pantai Rumah Apung Bangsring Underwater.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Upaya Pengimplementasian Konsep Blue Economy Pada Prinsip Efisiensi Alam di Destinasi Wisata Pantai Rumah Apung Bangsring Underwater di Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana Upaya Pengimplementasian Konsep Blue Economy Pada Prinsip Zero Waste di Destinasi Wisata Pantai Rumah Apung Bangsring Underwater di Kabupaten Banyuwangi ? 3) Bagaimana Upaya Pengimplementasian Konsep Blue Economy Pada Prinsip Keterlibatan Masyarakat di Destinasi Wisata Pantai Rumah Apung Bangsring Underwater di Kabupaten Banyuwangi ? 4) Bagaimana Upaya Pengimplementasian Konsep Blue Economy Pada Prinsip Multiple Revenue di Destinasi Wisata Pantai Rumah Apung Bangsring Underwater di Kabupaten Banyuwangi ? 5) Bagaimana Manfaat Dari Pengimplementasian Konsep Blue Economy Pada Wisata Pantai Rumah Apung Bangsring Underwater di Kabupaten Banyuwangi?
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis field research. Menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan informasi. Informasi yang diperoleh dianalisis dengan metode miles and huberman. Untuk menguji keabsahan informasi yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwasanya pengimplementasian konsep blue economy di Pantai Rumah Apung Bangsring Underwater sudah sesuai dengan prinsip blue economy akan tetapi masih terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi pihak pengelola dalam pengembangan kedepannya. Manfaat dari pengimplementasian konsep blue economy pada Pantai Rumah Apung Bangsring Underwater cenderung memberikan manfaat positif terhadap perubahan yang lebih baik pada kondisi lingkungan, ekonomi, dan sosial masyarakat di sekitar destinasi wisata tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Asan Basri
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:16
Last Modified: 25 Apr 2024 02:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32378

Actions (login required)

View Item View Item