Implementasi Media Kartu Permainan Berbasis Truth or Dare Play (TODP) Pada Mata Pelajaran Fikih Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIE MTs Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024

Mega Putri, Nur Afni (2024) Implementasi Media Kartu Permainan Berbasis Truth or Dare Play (TODP) Pada Mata Pelajaran Fikih Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIE MTs Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Afni Mega Putri_202101010032.pdf

Download (22MB)

Abstract

Nur Afni Mega Putri, 2024: Implementasi Media Kartu Permainan Berbasis Truth or Dare Play (TODP) Pada Mata Pelajaran Fikih Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIE MTs Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Implementasi Media Truth or Dare Play (TODP), Pembelajaran Fikih, Motivasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi karena tingkat kemampuan siswa kelas VIIE di MTs Negeri 1 Probolinggo dalam memahami materi berbeda-beda. Oleh karena itu guru harus bisa menghidupkan suasana kelas terutama pada mata pelajaran fikih. Supaya mata pelajaran fikih lebih mudah dipahami serta bisa mengembangkan potensi siswa maka diperlukan media pembelajaran, salah satunya yaitu media kartu permainan berbasis TODP.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi media kartu permainan berbasis Truth or Dare Play (TODP) pada mata pelajaran fikih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIE MTs Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024?; 2) Apa saja faktor pendukung dari implementasi media kartu permainan berbasis Truth or Dare Play (TODP) pada mata pelajaran fikih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIE MTs Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024?; 3) Apa saja faktor penghambat serta solusi dari implementasi media kartu permainan berbasis Truth or Dare Play (TODP) pada mata pelajaran fikih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIE MTs Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024?.
Adapun tujuan penelitian dari skripsi ini yaitu: 1) Untuk mengetahui implementasi media kartu permainan berbasis Truth or Dare Play (TODP) pada mata pelajaran fikih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIE MTs Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dari implementasi media kartu permainan berbasis Truth or Dare Play (TODP) pada mata pelajaran fikih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIE MTs Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024, 3) Untuk mengetahui faktor penghambat serta solusi dari implementasi media kartu permainan berbasis Truth or Dare Play (TODP) pada mata pelajaran fikih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIE MTs Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatitf deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti selama di lapangan yaitu reduksi data, penyajian data, danverifikasi data. Dan untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil kesimpulan dari skrispi ini yaitu 1) Implementasi Media Kartu Permainan Berbasis Truth or Dare Play (TODP) Pada Mata Pelajaran Fikih Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIE MTs Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024 yang mencakup langkah-langkah yaitu diawali dengan berdoa bersama kemudian pada kegiatan inti: a) Guru membagi siswa kelas VIIE menjadi beberapa kelompok, b) Guru memutar spidol atau botol, kemudian ujung spidol atau botol berhenti di depan salah satu kelompok, maka kelompok tersebut yang bermain, c) Kelompok yang bermain perwakilan memilih kartu TODP d) Ketika sudah mendapatkan kartu, mereka akan berdiskusi untuk menjawab, e) Perwakilan kelompok membacakan jawaban, f) Guru memberikan poin ketika pertanyaan dijawab dengan benar, dan untuk penutup guru bertanya tentang perasaan pembelajaran menggunakan media kartu permainan berbasis TODP dan ditutup dengan berdoa bersama. 2) Faktor pendukung dari Implementasi Media Kartu Permainan Berbasis Truth or Dare Play (TODP) pada Mata Pelajaran Fikih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIE MTs Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024 yaitu: a) Sarana dan prasarana, b) Lingkungan 3) Faktor penghambat serta solusi dari Implementasi Media Kartu Permainan Berbasis Truth or Dare Play (TODP) pada Mata Pelajaran Fikih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIE MTs Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024 yaitu: a) Keterbatasan kartu TODP. Solusinya yaitu menyediakan lebih banyak kartu TODP dan juga menyediakan soal atau pertanyaan lebih banyak, b) Tidak semua siswa suka dan minat dengan kartu TODP. Solusinya yaitu menyesesuaikan variasi permainan atau memasukkan elemen yang lebih menarik lagi untuk lebih merangsang partisipasi dan antusias siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Afni Mega Putri
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:11
Last Modified: 25 Apr 2024 08:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32380

Actions (login required)

View Item View Item