Analisis ayat akuntansi dalam surah Al-Baqarah ayat 282 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir

Azizah, Rosyidatul (2004) Analisis ayat akuntansi dalam surah Al-Baqarah ayat 282 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ROSYIDATUL AZIZAH_204105030042-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini penerapan akuntansi syariah lebih penting dibandingkan akuntansi konvensional. Seperti yang telah terjadi pada pertengahan tahun 1997 dunia dilanda krisis ekonomi terutama negara-negara Asia dengan kejadian ini membuka mata para ekonom terhadap kelemahan ekonomi konvensional sehingga para ekonom mencari solusi alternatif terhadap sistem perekonomian yang sudah ada. Kelemahan sistem konvensional semakin terlihat ketika terjadi krisis global pada tahun 2008.
Penelitian ini mempunyai dua fokus penelitian yaitu: 1) Apa saja prinsip-prinsip akuntansi Islam yang ada dalam surah Al-Baqarah ayat 282 perspektif Tafsir Ibnu Katsir, 2) Bagaimana komparasi prinsip-prinsip akuntansi Islam menurut tafsir Ibnu Katsir dalam surah Al-Baqarah ayat 282 dengan model akuntansi konvensional. Dari fokus penelitian tersebut penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui prinsip-prinsip akuntansi Islam yang ada dalam surah Al-Baqarah ayat 282 perspektif Tafsir Ibnu Katsir, 2) Mengetahui komparasi dari tafsir prinsip-prinsip akuntansi Islam menurut Ibnu Katsir surah Al-Baqarah ayat 282 dengan model akuntansi konvensional.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Karena penelitian ini mengkaji tentang ayat akuntansi dalam surah Al-Baqarah ayat 282. Pada penelitian ini menghimpun data dari khazanah literatur dan menjadikan dunia teks sebagai objek utama analisisnya. Sumber data primer diambil dari tafsir Ibnu Katsir dan buku akuntansi. Sedangkan untuk sumber sekunder diambil dari jurnal, artikel dan karya tulis ilmiah lainnya.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat 3 prinsip akuntansi yaitu a) Prinsip pertanggungjawaban yang terkandung dalam وَلَا يَأْبَ الشُّهَدَاءُ إِذَا مَادُعُوا, b) Prinsip kebenaran yang terkandung dalam وَلْيَكْتُبْ بَيْنَكُمْ كَا تِبٌ بِالْعَدْل , c) Prinsip keadilan terkandung dalam وَلْيَكْتُبْ بَيْنَكُمْ كَا تِبٌ بِالْعَدْلِ . 2) komparasi prinsip akuntansi syariah antara tafsir Ibnu Katsir dan konvensional terletak pada perumusan konsep dimana Akuntansi Konvensional menggunakan beberapa dasar yaitu bertuhankan nafsu, self Interest (kepentingan pribadi) dan rasionalisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Rosyidatul Azizah
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:51
Last Modified: 25 Apr 2024 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32387

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item