IMPLEMENTASI GREEN BANKING DALAM PERSPEKTIF RAHMATAN LIL ALAMIN DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP SITUBONDO BASUKI RAHMAT

Rohman, Taufiqurrohman (2024) IMPLEMENTASI GREEN BANKING DALAM PERSPEKTIF RAHMATAN LIL ALAMIN DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP SITUBONDO BASUKI RAHMAT. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Taufiqurrohman.pdf

Download (5MB)

Abstract

Taufiqurrohman, Nur Ika Mauliyah, 2024: Impelementasi Green banking di tinjau dari perspektif Rahmatan Lil Alamin di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo Basuki Rahmat
Kata kunci : Green banking, Rahmatan Lil Alamin, Bank Syariah Indonesia
Green banking merupakan kebijakan yang diadopsi oleh perbankan yang memiliki tujuan mengurangi dampak kegiatan perbankan terhadap lingkungan dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Bank dengan lingkungan memiliki keterkaitan yang sangat erat karena lingkungan bisa jadi penentu perkembangan laba dari perbankan.
Fokus Penelitian yakni : 1). bagaimana implementasi green banking di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo Basuki Rahmat. 2). Bagaimana implementasi green banking dalam perspektif Rahmatan Lil Alamin di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo Basuki Rahmat.
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi green banking di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo Basuki Rahmat. 2). Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi green banking dalam perspektif Rahmatan Lil Alamin di Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo Basuki Rahmat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik Snowball Sampling. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian menggunakan 7 informan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan ketekunan dan keajegan.
Hasil penelitian adalah: 1). Implementasi green banking di Bank Syariah Indonesia sudah baik dan sesuai dengan indikator green banking yang keluarkan oleh BUMN yakni green product, green operational, green customer, dan green policy. Impelementasi green product dilakukan dengan pemanfaatan teknologi, persyaratan dokumen lingkungan seperti AMDAL, AMDAL di BSI tidak diterapkan dan berlaku untuk pembiayaan yang jumlahnya besar. Implementasi green operational dilakukan dengan efisiensi penggunaan energi, pengurangan kertas, dan pengelolaan sampah yang mana berdampak pada efisiensi penggunaan biaya, implementasi green customer dilakukan dengan mengedukasi dan mengarahkan nasabah untuk bertransaksi secara online melalui BSI Mobile. Implementasi Green policy dilakukan dengan edukasi kepada karyawan tentang perbankan hijau 2). Implementasi green banking dalam perspekif Rahmatan Lil Alamin sudah diterapakan, adapu nilai tersebut yakni Habluminallah dan hablum minannas dan hablum minal alam. Nilai nilai tesebut sudah terdapat dalam budaya Bank Syariah Indonesia KCP Situbondo yang mana merupakan perbankan syariah. Meskipun salah ada salah satu nilai yang belum secara maksimal diterapkan yakni hablum minal alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Taufiqur Rohman
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:23
Last Modified: 25 Apr 2024 06:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32388

Actions (login required)

View Item View Item