STRATEGI REKRUTMEN DAN SELEKSI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI BPR NUSAMBA RAMBIPUJI

Subhanallah, Subhanallah (2024) STRATEGI REKRUTMEN DAN SELEKSI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI BPR NUSAMBA RAMBIPUJI. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SUBHANALLAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Subhanallah, 2023: Strategi Rekrutmen dan Seleksi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di BPR Nusamba Rambipuji
Kata Kunci : Strategi Rekrutmen, Seleksi, Kinerja.
Salah satu lembaga keuangan bank di Indonesia yaitu BPR. Bank Perekonomian Rakyat kini menjadi istilah baru untuk BPR. Perubahan ini tertulis dalam RUU P2SK (Rancangan Undang Undang Tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan) merupakan upaya memaksimalkan fungsi literasi dan intermediasi perbankan. Perubahan istilah BPR menjadi perekonomian membuat ruang kerja BPR menjadi lebih luas. Karena selama ini stigma BPR hanya melayani urusan kredit, padahal BPR juga melayani layanan perbankan lainnya seperti tabungan dan deposito. Bahkan juga bisa fungsi digitalisasi layanan, inklusi keuangan hingga edukasi ke masyarakat. Hal tersebut menjadi nilai positif bagi BPR untuk membantu masyarakat lebih luas lagi sehingga perlu adanya peningkatan sumber daya pada lembaga BPR, salah satunya yaitu meningkatkan sumber daya manusianya.
Fokus penelitian yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana strategi rekrutmen dan seleksi di BPR Nusamba Rambipuji? 2) Bagaimana strategi rekrutmen dan seleksi dalam meningkatkan kinerja karyawan di BPR Nusamba Rambipuji?
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi rekrutmen dan seleksi di BPR Nusamba Rambipuji. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi rekrutmen dan seleksi dalam meningkatkan kinerja karyawan di BPR Nusamba Rambipuji.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang mengambil objek penelitian di BPR Nusamba Rambipuji. data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : 1) Strategi rekrutmen dalam meningkatkan kinerja karyawan di BPR Nusamba Rambipuji yaitu merencanakan jumlah dan spesifikasi SDM yang dibutuhkan dengan kriteria calon karyawan secara umum latar belakang pendidikan, batasan minimal usia dan tidak pernah terlibat tindak kriminal. Sedangkan spesifikasi secara khusus tiap bidang diatur dalam SOP bagian Job Description. 2) Strategi seleksi dalam meningkatkan kinerja karyawan yaitu tes tulis berupa psikologi di lembaga pihak ketiga Brilian Psikologi untuk mengetahui bakat dan kemampuan calon karyawan, tes wawancara oleh kepala bidang dan direksi, tes kesehatan juga menggunakan lembaga pihak ketiga yaitu Lab. Parahita Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Subhanallah Subhanallah
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:40
Last Modified: 25 Apr 2024 06:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32390

Actions (login required)

View Item View Item