ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KONSUMEN PADA KAFE NYEJUK DI PERUMAHAN GRAND PERMATA AJUNG JEMBER

ZUHRI, SYAIFUDIN (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KONSUMEN PADA KAFE NYEJUK DI PERUMAHAN GRAND PERMATA AJUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Muhammad Syaifuddin Zuhri.pdf

Download (4MB)

Abstract

M. Syaifuddin Zuhri, Nur Ika Mauliyah 2024: Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Konsumen Pada Kafe Nyejuk Di Perumahan Grand Permata Ajung Jember.
Kata Kunci: Strategi pemasaran, Meningkatkan konsumen
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan dalam upaya meningkatkan jumlah konsumen di Kafe Nyejuk yang terletak di Perumahan Grand Permata Ajung, Jember. Kafe Nyejuk dipilih sebagai objek penelitian karena pentingnya strategi pemasaran dalam menarik minat beli konsumen, terutama dalam industri kafe yang kompetitif.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan konsumen pada kafe Nyejuk Perumahan Grand Permata Ajung Jember?. 2) Bagaimana dampak penerapan strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan konsumen pada kafe Nyejuk Perumahan Grand Permata Ajung Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan konsumen pada kafe Nyejuk Perumahan Grand Permata Ajung Jember. 2) Untuk mendeskripsikan dampak penerapan dalam upaya meningkatkan konsumen pada kafe Nyejuk Perumahan Grand Permata Ajung Jember?.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pemilik atau manajer kafe, karyawan dan konsumen, observasi langsung di lokasi, dan studi dokumentasi terkait strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh kafe.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kafe Nyejuk telah menerapkan strategi pemasaran 4P yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promosi): promosi dilakukan dengan cara memanfaatkan sosial media untuk mengenalkan produknya informasi kafe buka tutupnya kafe. Kedua, kerja sama antara kafe yang berada di Jember dengan tujuan menarik pelanggan dan mengenalkan produk kopi satu sama lain. Namun, meskipun telah dilakukan upaya yang cukup, dampaknya terhadap peningkatan jumlah konsumen masih belum optimal. Keluhan yang sering diterima dari pihak manajemen terkait kesulitan dalam menarik minat beli konsumen menjadi indikasi bahwa strategi pemasaran yang diterapkan belum sepenuhnya efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Syaifuddin Zuhri
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:14
Last Modified: 25 Apr 2024 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32391

Actions (login required)

View Item View Item