Pengaruh Penggunaan Social Media, Literasi Ekonomi, dan Self Efficacy Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Digital Entrepreneurship

Alfina Kurniawati, Dwi (2024) Pengaruh Penggunaan Social Media, Literasi Ekonomi, dan Self Efficacy Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Digital Entrepreneurship. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-056-ES-2024)
Dwi Alfina Kurniawati .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Problematika ekonomi yang sering terdengar saat ini adalah pengangguran terutama pengangguran akademik. Oleh karena itu minat berwirausaha pada mahasiswa harus ditumbuhkan karena banyak lulusan yang lebih memilih mencari pekerjaan sehingga melebihi kebutuhan industri. Salah satunya adalah pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember. Minatberwirausaha dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor informasi,faktor sosial maupun faktor pribadi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah penggunaan social media berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi digital entrepreneurship? 2) Apakah literasi ekonomi berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi digital entrepreneurship? 3) Apakah self efficacy berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi digital entrepreneurship? 4) Apakah penggunaan social media, literasi ekonomi, dan self efficacy berpengaruh secara signifikan terhadap minat
mahasiswa menjadi digital entrepreneurship?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah penggunaan social media berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi digital entrepreneurship 2) Untuk mengetahui apakah literasi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi digital
entrepreneurship 3) Untuk mengetahui apakah self efficacy berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi digital entrepreneurship 4) Untuk mengetahui apakah penggunaan social media, literasi ekonomi, dan self efficacy
berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi digital entrepreneurship.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa aktif FEBI UIN KHAS Jember. Pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Jenis data pada penelitian
ini adalah data primer dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penggunaan social media secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi digital entrepreneurship 2) Literasi ekonomi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi digital entrepreneurship 3) Self efficacy secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap minat menjadi digital entrepreneurship 4) Penggunaan social media, literasi ekonomi dan self efficacy secara simultan berpengaruh secara signifikan
terhadap minat menjadi digital entrepreneurship.
Kata Kunci: Social Media; Literasi Ekonomi; Self Efficacy; Minat Berwirausaha Digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dwi Alfina Kurniawati
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:18
Last Modified: 10 Jul 2024 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32401

Actions (login required)

View Item View Item