Analisis Perspektif Bank Terhadap Digitalisasi Perbankan Pada Bank BRI Kantor Cabang Jember

Permatasari, Efi (2024) Analisis Perspektif Bank Terhadap Digitalisasi Perbankan Pada Bank BRI Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI EFI WATERMARK.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK
Efi Permatasari, Nurul Setianingrum. Analisis Perspektif Bank Terhadap Digitalisasi Perbankan Pada Bank BRI Kantor Cabang Jember.

Digitalisasi menjadi tantangan baru bagi industri perbankan. Kondisi ini menuntut perbankan untuk melakukan transformasi ke sistem digital guna memenuhi kebutuhan nasabah yang ingin serba cepat, mudah, dan aman. Setiap perbankan punya cara sendiri dalam berinovasi dan menciptakan produk berbasis digital untuk mencapai kepuasan nasabah.
Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah Bagaimana perspektif bank terhadap digitalisasi perbankan itu sendiri serta perilaku perbankan terhadap digitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif dan perilaku perbankan terhadap digitalisasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Lokasi penelitian ini pada Bank BRI Kantor Cabang Jember.
Penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa 1. Bank BRI KC Jember mendeskripsikan digitalisasi perbankan sebagai layanan digital milik bank yang mempermudah nasabah dalam bertransaksi secara mandiri tanpa batas waktu. Manfaat digitalisasi bagi perbankan dan bagi nasabah diantaranya: menambah fee based income, pembukuan lebih tersistem, efisiensi biaya operasional, mempermudah marketing dan penjualan, kepuasan nasabah, skill bertambah, nasabah lebih efisien dalam waktu, tenaga, dan biaya. 2. Perilaku Bank BRI KC Jember terhadap digitalisasi cukup agresif sehingga menghasilkan jangkauan pasar yang lebih tinggi sehingga dapat meningkatkan daya saing perbankan.

Kata kunci: perspektif, digitalisasi perbankan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Efi Permatasari
Date Deposited: 26 Apr 2024 02:25
Last Modified: 26 Apr 2024 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32408

Actions (login required)

View Item View Item