ANALISIS FLUKTUASI HARGA DAN SUBSIDI PUPUK TERHADAP PRODUKTIVITAS PETANI TEMBAKAU DI DESA SUKORENO, KECAMATAN KALISAT, JEMBER

Fadlilah, Fadlilah (2024) ANALISIS FLUKTUASI HARGA DAN SUBSIDI PUPUK TERHADAP PRODUKTIVITAS PETANI TEMBAKAU DI DESA SUKORENO, KECAMATAN KALISAT, JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fadlilah_E20192217.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Fadlilah, Nurul Setianingrum, 2023: Analisis Fluktuasi Harga Dan Subsidi Pupuk Terhadap Produktivitas Petani Tembakau Di Desa Sukoreno, Kecamatan Kalisat, Jember
Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah. Indonesia seharusnya bisa menjadi negara maju dari semua sektor, terutama dari sektor pertaniannya. Sektor pertanian Indonesia idealnya dapat menjadi penopang ekonomi utama. Tembakau merupakan salah satu komoditas terpenting di Indonesia, tembakau merupakan komoditas perkebunan yang cukup banyak dibudidayakan oleh petani. Namun, industri rokok Indonesia cenderung lebih memanfaatkan tembakau impor dibandingkan tembakau produksi dalam negeri. Selain permasalahan impor, fluktuasi harga juga menjadi masalah bagi petani tembakau. Fluktuasi harga juga berpengaruh terhadap biaya produksi tembakau, termasuk penggunaan input kualitas tinggi seperti pupuk. Hal ini juga sejalan dengan program subsidi pupuk yang dilakukan pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satu tujuan pemerintah memberikan subsidi pupuk kepada petani adalah untuk meningkatkan produktivitas petani.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah fluktuasi harga berpengaruh secara parsial terhadap produktivitas petani tembakau di Desa Sukoreno, Kecamatan Kalisat, Jember ?. 2) Apakah subsidi pupuk berpengaruh secara parsial terhadap produktivitas petani tembakau di Desa Sukoreno, Kecamatan Kalisat, Jember ?. 3) Apakah fluktuasi harga tembakau dan subsidi pupuk berpengaruh secara simultan terhadap produktivitas petani tembakau di Desa Sukoreno, Kecamatan Kalisat, Jember ?.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, dan studi pustaka.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Fluktuasi harga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas petani tembakau di Desa Sukoreno, Kecamatan Kalisat, Jember. 2) Subsidi pupuk juga mempengaruhi produktivitas petani tembakau di Desa Sukoreno, Kecamatan Kalisat, Jember. 3) Fluktuasi harga dan subsidi pupuk secara bersamaan juga mempengaruhi produktivitas petani tembakau di Desa Sukoreno, Kecamatan Kalisat, Jember.

Kata kunci : Fluktuasi harga, subsidi pupuk, dan produktivitas petani tembakau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Fadli Fadlilah
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:14
Last Modified: 26 Apr 2024 06:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32411

Actions (login required)

View Item View Item