STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB KUNING MEALUI KEGIATAN EKSRTAKURIKULER SMP AL KARIM WONOJATI JENGGAWAH

ULFA, DINA NOVIENDA STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB KUNING MEALUI KEGIATAN EKSRTAKURIKULER SMP AL KARIM WONOJATI JENGGAWAH. STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB KUNING MEALUI KEGIATAN EKSRTAKURIKULER SMP AL KARIM WONOJATI JENGGAWAH. (Unpublished)

[img] Text
MAKALAH PERIODIK _ ULFA.docx

Download (275kB)

Abstract

Pembelajaran dilembaga pendidikan, guru dituntut menguasai semua aspek pengelolaan pembelajaran, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Strategi pembelajaran kitab kuning yang lazim digunakan dari dulu hingga sekarang masih didominasi metode sorogan, bandongan dan halaqoh. Materi kitab kuning yang disampaikan oleh guru, masih kurang menyentuh pada ranah kognitif, efektif, psikomotorik. Meskipun SMP Al-karim Wonojati Jenggawah merupakanlembaga pendidikan umum.
Fokus penelitian ini tentang:(1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab kuning melalui ekstrakurikuler SMP Al-karim wonojati kecamatan jenggawah (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab kuning melalui ekstrakurikuler SMP Al-karim wonojati kecamatan jenggawah (3)Bagaimana
evaluasi pembelajaran kitab kuning melalui ekstrakurikuler SMP Al-karim wonojati kecamatan jenggawah. Tujuan penelitian ini untuk:(1) Mendiskripsikan perencanaan pembelajaran kitab kuning melalui ekstrakurikuler SMP Al-karim
wonojati kecamatan jenggawah: (2)Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab kuning melalui ekstrakurikuler SMP Al-karim wonojati kecamatan jenggawah:(3) Mendiskripsikan evaluasi pembelajaran kitab kuning melalui ekstrakurikuler SMP Al-karim wonojati kecamatan jenggawah, teori yang
digunakan menggunakan pendekatan model intraktif Kennet D.Moore effective instructionaln strategies.
Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek menggunakan Purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan) , interview (wawancara) dan
dokumentasi. Peneliti menganalisis data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi, lalu uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil analisis strategi pembelajaran kitab kuning melalui ekstrakurikuler SMP Al-karim wonojati kecamatan jenggawah kabupaten jember. Perencanaan
berupa strategi merumuskan tujuan pembelajaran, menetapkan materi kitab kuning, perencanaan metode, disusun secara sistematis dikembangkan seluruh
guru dan pembina ekstrakurikuler diserahkan kepala sekolah sebagai periksa dari setiap materi pembelajaran maksimal setiap semester. Penentuan KI (kompetensi
inti) dan KD (kompetensi dasar) ditetapkan standart penjabaran silabus, yang diaktualkan berupa (RPP) sebagai komponen kurikulum tingkat satuan pendididkan yang disebut KTSP, metode dan strategi pembelajaran kitab kuning, media dan bahan ajar sebagai penunjang pembelajaran sesuai relevasi materi
pembelajaran kitab kuning
Strategi pelaksanaan pembelajaran kitab kuning melalui ekstrakurikuler
yang terangkum, setelah jamaah sholat duhur bersama selama enam hari dan
setelah pembelajaran umum selesai, dimulai pukul 13.00-15.00 WIB, melalui
pelaksanaan pembelajaran dengan guru atau pembina ekstrakurikuler memeberi
salam, berdo’a bersama-sama, membaca nadhoman/tasyrifan, mengabsen siswa,
membuka pelajaran dengan guru memulai membacakan tawasul/khususon kepada
Nabi Muhammad SAW, seluruh pengarang kitab kuning, ulama, kiyai atau
leluhur, menyiapkan materi kitab kuning sesuai jadwal dan tingkatan kelas,
penerapan metode, penggunaan media/bahan ajar, merefleksi materi dan menutup
pelajaran berdo’a dan diakhiri dengan salam.
Strategi evaluasi pembelajaran kitab kuning melalui ekstrakurikuler,berupapenilaian sikap mengetahui proses yang terjadi berupa input dan output pembelajaran sebagai (instrumen observasi) mengamati prilaku siswa didalam kelas atau diluar kelas.Penilaian pengetahuan berupa tes lisan (hafalan) tes tertulis
berupa soal-soal UTS dan UAS. Dan penilaian ketrampilan dilakukan saat proses berjalannya materi pembelajaran kitab kuning dan penugasan berupa hafalan, tugas tertulis dan praktek (instrumen untuk kerja mandiri siswa

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfa Dina Novienda S.SOs.I,MP.d
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:21
Last Modified: 18 Jan 2022 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3242

Actions (login required)

View Item View Item