PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK MENGGUNAKAN METODE RISK-BASED BANK RATING (RBBR) PADA PT. BANK CENTRAL ASIA(BCA), Tbk. PERIODE 2018-2022

Wildanul, Arifin (2024) PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK MENGGUNAKAN METODE RISK-BASED BANK RATING (RBBR) PADA PT. BANK CENTRAL ASIA(BCA), Tbk. PERIODE 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
wildanul arifin - nim. 201105010029.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kepercayaan bank dapat diperoleh dengan menjaga tingkat kesehatan bank tersebut. Bank yang sehat adalah bank yang mampu menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. PT. bank BCA Tbk. Dibandingkan dengan bank swasta nasional lainnya memiliki aset yang lebih besar dengan bank swasta nasional lainnya, akan tetapi meskipun total aset bank BCA lebih besar belum tentu bank BCA sehat dalam hal keuangan dan operasionalnya.
Berdasarkan latar belakang yang telah di uraikan di atas, maka yang menjadi perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana tingkat kesehatan PT. bank central asia (BCA),Tbk dari tahun 2018-2022 dengan menggunakan metode risk-based bank rating (RBBR).
Penelitian ini bertujuan untuk menghitung tingkat kesehatan PT. bank BCA, Tbk. menggunakan metode risk-based bank rating (RBBR) pada periode 2018-2022.
Pendekatan penellitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik Sampel yang digunakan yaitu menggunakan teknik sample non probability sampling. Analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung dan memberikan peringkat komposit rasio yang terdapat padametode risk-based bank rating (RBBR).
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa rata-rata tingkat kesehatan PT. Bank BCA, T.bk period 2018-2022 dalam kondisi yang “SANGAT SEHAT” yang dibuktikan dengan rasio NPL, LDR, GCG, ROA, ROE, NIM, BOPO, dan CAR.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tingkat kesehatan bank, metode RBBR, Risk Profile, GCG, Earning, Capital
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr. Wildanul Arifin
Date Deposited: 26 Apr 2024 02:52
Last Modified: 26 Apr 2024 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32423

Actions (login required)

View Item View Item