Penentuan Harga Pokok Kamar Dengan Metode Activity Based Costing Pada Agaliving Villa Medewi Jembrana Bali

Rahman, Mita Audia (2024) Penentuan Harga Pokok Kamar Dengan Metode Activity Based Costing Pada Agaliving Villa Medewi Jembrana Bali. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MITA AUDIA RAHMAN WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mita Audia Rahman, 2024: Penentuan Harga Pokok Kamar Dengan Metode Activity Based Costing Pada Agaliving Villa Medewi Jembrana Bali.

Kata kunci: Harga Pokok Kamar, Activity Based Costing

Activity based costing merupakan suatu sistem akuntansi yang terfokus pada aktivitas – aktivitas yang dilakukan untuk menghasilkan produk/ jasa. Activity based costing menyediakan informasi perihal aktivitas – aktivitas dan sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan aktivitas - aktivitas tersebut. Penentuan harga pokok kamar dengan metode activity based costing sangat penting karena memberikan hasil perhitungan harga pokok yang lebih akurat dibanding metode tradisional yang diterapkan oleh Agaliving Vila.
Fokus penelitian ini adalah 1) bagaimana perhitungan harga pokok kamar pada Agaliving Villa Medewi Jembrana Bali? 2) bagaimana perhitungan harga pokok kamar menggunakan metode activity based costing pada Agaliving Villa Medewi Jembrana 3) Bagaimana perbandingan perhitungan harga pokok kamar menggunakan metode activity based costing dengan perhitungan harga pokok kamar yang diterapkan Agaliving Villa Medewi Jembrana Bali?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perhitungan harga pokok kamar pada Agaliving Villa Medewi Jembrana Bali, untuk mengegahui bagaimana perhitungan harga pokok kamar dengan metode activity based costing pada Agaliving Villa Medewi Jembrama Bali, untuk mengetahui bagaimana perbandingan perhitungan harga pokok kamar menggunakan metode activity based costing dengan perhitungan harga pokok kamar yang diterapkan Agaliving Villa Medewi Jembrana Bali.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakkan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan data-data yang telah diperoleh pada saat melakukan penelitian atau pengamatan di Agaliving Villa.
Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat perbedaan harga pokok menurut villa dengan metode activity based costing. Harga pokok menurut metode activity based costing antara lain delux sebesar sebesar 207.341, double sebesar 189.100, king sebesar 153.736, dan wooden sebesar 63.798. Sementara perhitungan menurut Agaliving Villa antara lain delux sebesar 186.960, double sebesar 311.600, king sebesar 443.224, dan wooden sebesar 376.068. Terdapat selisih Rp. 703.877 antara harga pokok menurut Agaliving dan metode activity based costing. Selisih tersebut disebabkan pada metode Agaliving Villa tidak sepenuhnya memasukkan unsur biaya selama operasional, berbeda dengan metode activity based costing pada metode ini memasukkan semua unsur biaya serta menggolongkan cost driver setiap aktivitas baik yang bersifat langsung maupun tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs MITA AUDIA RAHMAN
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:12
Last Modified: 26 Apr 2024 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32424

Actions (login required)

View Item View Item