Analisis Penerapan PSAK 102 dalam Produk Pembiayaan Murabahah MUB (Modal Usaha Barokah) Pada BMT (Baitul Maal wat Tamwil) UGT (Usaha Gabungan Terpadu) Nusantara Capem Puger

Ildayatur Rofiah, Ilda (2024) Analisis Penerapan PSAK 102 dalam Produk Pembiayaan Murabahah MUB (Modal Usaha Barokah) Pada BMT (Baitul Maal wat Tamwil) UGT (Usaha Gabungan Terpadu) Nusantara Capem Puger. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Ildayatur Rofiah _205105030024.pdf

Download (3MB)

Abstract

PSAK singkatan dari Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan, yang merupakan panduan yang digunakan oleh para akuntan dalam menyusun laporan keuangan. Salah satu standar PSAK yaitu PSAK No. 102, menjelaskan bahwa murabahah merupakan proses penjualan barang dengan harga jual yang terdiri dari harga perolehan barang ditambah dengan keuntungan yang telah disepakati sebelumnya. Dalam proses ini, penjual juga diwajibkan untuk mengungkapkan harga perolehan barang kepada pembeli.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah sistem pembiayaan murabahah dalam produk MUB di BMT UGT Nusantara Capem Puger? 2) Bagaimana penerapan PSAK No. 102 dalam pembiayaan MUB di BMT UGT Nusantara Capem Puger?
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana sistem pembiayaan murabahah dalam produk MUB di BMT UGT Nusantara Capem Puger. 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan PSAK No. 102 dalam pembiayaan MUB di BMT UGT Nusantara Capem Puger.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di BMT UGT Nusantara Capem Puger. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif, dan keabsahan data diperkuat dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sistem dalam pembiayaan MUB yang dilakukan oleh BMT UGT Nusantara Capem Puger sudah sesuai dengan teori yang sudah ada dan terperinci. 2) Pembiayaan MUB di BMT UGT Nusantara Capem Puger masih belum sepenuhnya mematuhi ketentuan PSAK No. 102. Hal ini dikarenakan denda atau margin tambahan yang dikenakan nasabah tidak dialokasikan atau dicatat sebagai dana kebajikan, melainkan diakui sebagai pendapatan atas margin tambahan.
Kata kunci: Murabahah, PSAK No. 102, BMT UGT Nusantara Capem Puger.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Ildayatur Rofiah
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:33
Last Modified: 26 Apr 2024 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32427

Actions (login required)

View Item View Item