Analisis Efektivitas Pemungutan Pajak Hotel Dan Restoran Pada Pendapatan Asli Daerah Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Jember

Safitri, Dhira Ervina (2024) Analisis Efektivitas Pemungutan Pajak Hotel Dan Restoran Pada Pendapatan Asli Daerah Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi final FULL-1.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci : Efektivitas, PAD, Pajak Hotel, Pajak Restoran

Dalam konteks otonomi daerah, pemerintah daerah memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan kebutuhan masyarakat dengan prinsip keterbukaan, keikutsertaan, dan pertanggungjawaban. Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi kunci dalam mendukung pembangunan ekonomi daerah, dengan berbagai komponen seperti pajak daerah, retribusi, dan pengelolaan kekayaan daerah. Peningkatan PAD melalui pajak daerah, seperti pajak hotel dan restoran, memiliki dampak signifikan terhadap kemajuan daerah. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana tingkat efektivitas pemungutan pajak hotel dan restoran pada Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana hambatan dan upaya yang dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk meningkatkan pemungutan pajak hotel dan restoran pada pendapatan asli daerah Kabupaten Jember?. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat efektivitas pemungutan pajak hotel dan restoran pada Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui hambatan serta upaya yang akan dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk meningkatkan pemungutan pajak hotel dan restoran pada pendapatan asli daerah Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pedekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Tingkat efektivitas pemungutan pajak hotel di tahun 2018-2022 dapat dikategorikan sebagai “Sangat Efektif” dan efektivitas pemungutan pajak hotel pada tahun 2018-2022 dapat dikategorikan sebagai “Sangat Efektif”. 2) Hambatan yang dialami Badan Pendapatan Daerah pada pemungutan pajak hotel dan restoran yaitu wajib pajak tidak konsisten dalam hal melapor dan membayar pajak tidak tepat waktu. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemungutan pajak hotel dan restoran yaitu dengan memaksimalkan tupoksi yang ada, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), memperkuat rasa kolaboratif dan komunikatif antar pegawai, peningkatan transparansi, dan peningkatan Pengawasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Dhira Ervina Safitri
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:19
Last Modified: 29 Apr 2024 02:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32429

Actions (login required)

View Item View Item