PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH (SAP) APARATUR DESA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DESA DI KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER

Artika, Listiana Windi (2024) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH (SAP) APARATUR DESA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DESA DI KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI listiana-1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Listiana Windi Artika, Nurul Setianingrum, 2024: Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) Aparatur Desa Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Desa Di Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Tingkat pendidikan, SAP, kualitas laporan keuangan desa
Pemerintah desa merupakan entitas yang memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola keuangan publik dan menyusun laporan keuangan yang akurat dan terpercaya. Namun, dalam prakteknya, terdapat tantangan tersendiri terkait dengan kualitas laporan keuangan desa, yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk tingkat pendidikan dan pemahaman aparaturnya terhadap Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan pemahaman Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) aparatur cesa terhadap kualitas laporan keuangan desa di kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah tingkat pendidikan aparatur desa berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan desa di Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember? (2) Apakah pemahaman Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) aparatur desa berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan desa di Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember ? (3) Apakah tingkat pendidikan dan pemahaman Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) aparatur desa berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan di Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi peneltian adalah semua aparatur desa yang ada di Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember yang berjumlah 92 orang. Sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 92 orang. Penelitian ini dibantu menggunakan software IBM SPSS versi 26.0.
Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah (1) variabel tingkat pendidikan aparatur desa (X1) tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap kualitas laporan keuangan desa (Y). sedangkan (2) variabel pemahaman Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) aparatur desa memiliki pengaruh secara parsial terhadap kualitas laporan keuangan desa (Y). terakhir (3) variabel tingkat pendidikan aparatur desa dan pemahaman Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) aparatur desa secara simultan berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan desa (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Listiana windi
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:23
Last Modified: 29 Apr 2024 02:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32438

Actions (login required)

View Item View Item