MANAJEMEN KELAS DALAM MENGEMBANGKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ASY-SYAFAAH SUMBERSARI JEMBER

ainilyakin, muhammad (2024) MANAJEMEN KELAS DALAM MENGEMBANGKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ASY-SYAFAAH SUMBERSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi yakin fix-2 (2).pdf

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Ainil Yakin, 2024: Manejemen Kelas Dalam Mengembangkan Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Sumbersari Jember.
Kata Kunci : Manajemen Kelas, Proses Pembelajaran
Manajemen kelas adalah berbagai jenis kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan tujuan menciptakan kondisi optimal bagi terjadinya proses pembelajaran, perlu juga diusahakan suatu manajemen kelas dengan perspektif baru.Sehingga Manajemen kelas tidak sekedar pada hal-hal teknis atau menyangkut strategi belaka, namun lebih menyangkut faktor pribadi-pribadi peserta didik yang ada di kelas tersebut. Jadi tujuan dariManajemen kelas tidak dapat dilepaskan dari aspek manusiawi dari proses pembelajaran yang ada di SMK Asy-Syafaah.
Penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yakni (1) Bagaimana Pengembangan Hubungan Siswa Dalam Membangun Lingkungan Akademis Proses Pembelajaran di SMK Asy-Syafaah Sumbersari Jember, (2) Bagaimana Pengembangan Hubungan Siswa Dalam Membangun Lingkungan Pembelajaran Sosial-emosional di SMK Asy-Syafaah Sumbersari Jember
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur, observasi dengan metode partisipasi pasif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model model Miles, Huberman dan Saldana dengan melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan Trianggulasi Teknik dan Trianggulasi Sumber.
Hasil Penelitian Menunjukkan, pertama dari lingkungan akademis ada tiga macam diantaranya; a. peran aktif siswa di dalam kelas maupun diluar kelas, b. kerja sama dan kolaborasi, c. komunikasi efektif siswa dengan guru dan siswa dengan siswa. dari berbagai macam ini bahwa ligkungan akedemis bukan hanya perihal individu melainkan rasa peduli terhadap siswa yang lain. kedua dari lingkungan pembelajaran social-emosional ada liama macam diantaranya; a. empati, b. rasa percaya diri, c. toleransi, d. bertanggung jawab, e. kesadaran diri. perihal mengenai lingkungan social-emosional bahwa dari hal-hal yang harus dilakukan kerena lingkungan pembelajaran sangat berpengaruh terhadap siswa yang ada di lembaga peneliti lakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ainilyakinmuhammad danil
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:29
Last Modified: 29 Apr 2024 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32461

Actions (login required)

View Item View Item