Persepsi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Terhadap Pelaksanaan Program Asistensi Mengajar Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023

Zuhria, Mia Aminatuz (2024) Persepsi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Terhadap Pelaksanaan Program Asistensi Mengajar Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mia Aminatuz Zuhria_204101010001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Asistensi Mengajar merupakan program kurikulum merdeka yang paling mendasar sebagai media pengembangan kreativitas, kapasitas, kemandirian, melalui pengalaman riil di lapangan berupa aktivitas pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif dengan guru/tutor/fasilitator/orang tua di satuan pendidikan satuan pendidikan seperti sekolah dasar, menengah maupun atas.
Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini berdasarkan pada teori persepsi Robbins tentang penerimaan dan evaluasi. Dalam hal ini untuk mengukur (1) bagaimana persepsi penerimaan, (2) evaluasi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan terhadap pelaksanaan Program Asistensi Mengajar di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Semester Genap Tahun Akademik tahun 2022/2023.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif menggunakan pendekatan cross-sectional. menggunakan angket/kuesioner pada responden yang sudah ditentukan. Guna mengidentifikasinya, diperoleh dari nilai mean, median, dan modus sebagai langkah analisis data. Penelitian ini melibatkan satu variabel dengan populasi dan sampel sebanyak 58 responden, yang dipilih menggunakan metode sampling total atau sensus.
Berdasarkan hasil penyebaran angket, persepsi terhadap penilaian dan evaluasi program asistensi mengajar diperoleh data: (1). Tingkat persepsi penerimaan rata-rata sebesar 3,46 yang berarti mahasiswa program asistensi mengajar menilai kegiatan program tersebut positif: (2). Persepsi evaluasi rata-rata sebesar 4,02 yang berarti mahasiswa program asistensi mengajar menilai kegiatan program tersebut positif. Dari analisis data yang dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata akhir untuk seluruh data adalah 119,28 : 32 = 3,72. Nilai ini ada dalam rentang skala 3,43 – 4,23, yang menunjukkan kategori positif. Berdasarkan hasil pengolahan data ini, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember memberikan penilaian positif terhadap pelaksanaan program asistensi mengajar pada semester genap tahun akademik 2022/2023.
Kata Kunci: persepsi mahasiswa, pelaksanaan, program, asistensi mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mia Aminatuz Zuhria
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:56
Last Modified: 30 Apr 2024 02:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32472

Actions (login required)

View Item View Item