PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KONTEKS BANGUNAN ALUN-ALUN KABUPATEN LUMAJANG UNTUK MENGAJARKAN MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI

Asyifa, Rindu (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KONTEKS BANGUNAN ALUN-ALUN KABUPATEN LUMAJANG UNTUK MENGAJARKAN MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-003-TMTK-2024)
RINDU ASYIFA NIM. 201101070017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penggunaan bahan ajar LKS dan buku paket dari pemerintah di MTs Darul Ulum Ranupakis dan metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta kurangnya melibatkan konteks disekitar siswa membuat kurangnya minat peserta didik dalam belajar matematika, khususnya kelas IX. Salah satu alternatif untuk menanggulangi hal itu ialah mengembangkan LKPD berbasis kontekstual dengan objek bangunan alun-alun Kabupaten Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) transformasi geometri berbasis konteks bangunan alun-alun Kabupaten Lumajang yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan mengikuti prosedur model pengembangan ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Darul Ulum Ranupakis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berupa LKPD transformasi geometri berbasis konteks bangunan alun-alun Kabupaten Lumajang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dengan persentase masing-masing 94,43% (sangat valid), 84,3% (sangat praktis) dan 80% (baik). Melalui hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD transformasi geometri dengan konteks bangunan alun-alun Kabupaten Lumajang layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini dapat menjadi referensi dan membuka peluang untuk peneliti selanjutnya dalam mengintegrasikan pendekatan kontekstual pada materi matematika serta mengembangkan bahan ajar berbasis konteks lokal atau eksplorasi metode pembelajaran yang lebih inovatif untuk menarik minat belajar matematika terutama peserta didik kelas IX.
Kata Kunci: pendekatan kontekstual, pengembangan LKPD, transformasi geometri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rindu Rindu Asyifa Rindu Asyifa
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:14
Last Modified: 05 Jul 2024 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32477

Actions (login required)

View Item View Item