Implementasi Program Gerakan Literasi Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi

Halimah, Siti Nur (2024) Implementasi Program Gerakan Literasi Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Fiks SITI NUR HALIMAH _201101030006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Nur Halimah, 2024: “Implementasi Program Gerakan Literasi Madrasah di
Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi”.
Kata Kunci: Program Gerakan Literasi Madrasah
Membaca merupakan kegiatan literasi yang paling dasar, dan hal itu merupakan fondasi untuk mempelajari berbagai hal. Oleh karena itu, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, kini tengah mengembangkan sebuah program guna menunjang ketercapaiannya sebuah madrasah yang unggul. Salah satunya ialah madrasah literasi dengan Program Gerakan Literasi Madrasah atau disingkat GELEM. Program Gerakan Literasi Madrasah merupakan salah satu program terobosan yang dirancang pemerintah guna memperbaiki masalah pendidikan dan peningkatan budaya literasi serta minat baca di Indonesia, khususnya pada siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah 1) Bagaimana implementasi program gerakan literasi madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi? 2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan program gerakan literasi madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi?
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek pada penelitian ini meliputi: kepala madrasah, koordinator literasi, dan duta literasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lalu keabsahan data yang peneliti gunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa program gerakan literasi di MAN 2 Banyuwangi merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa yang di pegang oleh Ibu Anisa Mutiatul Husna sebagai koordinator literasi dan didampingi dengan adanya duta literasi. Duta literasi tersebut memiliki beberapa program yakni GELEM,GLOBE, GSMB, dan Festival Literasi. Faktor pendukung kegiatan literasi ini yaitu adanya peran aktif seluruh warga madrasah, adanya tim duta literasi yang membantu jalannya kegiatan, serta siswa sebagai sasaran utama penerapan program gerakan literasi madrasah menunjukkan antusiasme tinggi. Faktor penghambatnya yaitu tidak keseluruhan dana dari madrasah diberikan sesuai dengan ketentuan terlaksananya program, buku bacaan yang belum lengkap dan rapi di perpustakaan, serta tidak semua siswa mempunyai motivasi atau kecintaan yang sama terhadap literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Nur Halimah
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:28
Last Modified: 30 Apr 2024 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32478

Actions (login required)

View Item View Item