Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Media Video Interaktif Kelas VIIA di SMPN 2 Arjasa Tahun Pelajaran 2023/2024

Safira, Ardhana Zahra (2024) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Media Video Interaktif Kelas VIIA di SMPN 2 Arjasa Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ARDHANA Z.S_202101010055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMPN 2 Arjasa saat dalam pembelajarannya masih menggunakan media yang konvensional sehingga menyebabkan siswa kurang antusias dan cepat bosan di dalam kelas. Hal ini membuat guru PAI menerapkan suatu inovasi pembelajaran untuk menarik perhatian siswa. Inovasi pembelajaran yang diterapkan di SMPN 2 Arjasa yakni media video interaktif yang berperan menjadikan proses pembelajaran di kelas lebih menyenangkan dan membuat siswa lebih antusias dalam belajar sehingga dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti melalui media video interaktif kelas VIIA di SMPN 2 Arjasa Tahun pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti melalui media video interaktif kelas VIIA di SMPN 2 Arjasa Tahun pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti melalui media video interaktif kelas VIIA di SMPN 2 Arjasa Tahun pelajaran 2023/2024?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMPN 2 Arjasa. Subjek penelitian: Kepala Sekolah, Guru PAI, dan perwakilan siswa kelas VIIA. Teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu, 1) Perencanaan pembelajaran meliputi lima aspek yakni a. Guru menentukan tujuan pembelajaran yakni tujuan menggunakan media video interaktif dan tujuan kompetensi. b. Guru menentukan materi pembelajaran. c. Guru menentukan sarana dan prasarana yang digunakan saat pembelajaran. d. Guru menetapkan metode dan media pembelajaran e. Guru menetapkan penilaian untuk siswa yakni penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan 2) Pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas ada tiga yaitu a. Kegiatan pendahuluan yakni salam, berdoa, absensi, menyampaikan tujuan pembelajaran, motivasi, apersepsi, dan tanya jawab. b. Kegiatan inti yakni guru menyampaikan materi melalui media video interaktif, diskusi kelompok c. Kegiatan penutup yakni guru dan siswa memberi kesimpulan, mengecek tugas siswa, refleksi dan pemberian tugas. 3) Evaluasi pembelajaran yakni guru menentukan penilaian sikap berupa penilaian formatif melalui observasi, penilaian pengetahuan berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda, dan penilaian keterampilan yakni praktik membaca dan menghafal Q.S Al-Anbiya/21:30 dan Q.S Al-A’raf/7:54.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ardhana zahra safira
Date Deposited: 06 May 2024 03:24
Last Modified: 06 May 2024 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32486

Actions (login required)

View Item View Item